Wisata Jabar

Taman Kaulinan, Wisata Bermain Anak di Kota Bogor




Di era sekarang, ruang bermain bagi anak kian tergerus oleh bangunan-bangunan. Itulah mengapa ruang kaulinan barudak semakin terpinggirkan. Ditambah lagi gempuran teknologi seperti HP, tablet, konsol games, serta aneka hiburan di televisi dan internet makin membuat anak malas bergerak. Tak heran bila anak-anak sekarang kurang mengenal dengan permainan tradisional yang melibatkan aspek motorik, kreativitas, sosial, dan manfaat lainnya.

Ruang ekspresi untuk anak-anak beraktivitas dengan bermain tersebut kadang luput dari perhatian pihak terkait. Dan inilah salah satunya yang dilakukan pihak Pemkot Bogor dengan meresmikan Taman Kaulinan alias taman tempat bermain anak-anak. Taman Kaulinan menjadi wujud kepedulian bersama antara pemerintah, perusahaan swasta, lembaga sosial, dan masyarakat luas terhadap perkembangan kreativitas anak.

Di Lapangan Sempur Bogor
Lokasi Taman Kaulinan berada di area Lapangan Sempur, Jln. Sempur, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor. Taman ini semakin menambah ruang publik di Bogor. Sebelumnya, sudah ada Taman Bogor, Taman Corat-Coret, Taman Skatepark, Taman Air Mancur, dan lainnya. Taman Kaulinan dibangun untuk mengakomodasi anak-anak agar bisa bermain dan bersosialisasi dengan teman-teman seusianya.

Taman ini dibangun PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk (Alfamart Alfamidi) bekerja sama dengan Yayasan Berani Bhakti Bangsa. Taman Kaulinan ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Bogor Arya Bima pada Minggu, 5 Februari 2017. Dalam acara peresmian taman, PT SAT Tbk juga menyalurkan donasi konsumen berupa 120 paket perlengkapan sekolah dan 212 kacamata minus gratis bagi siswa yang kurang mampu.

Taman Kaulinan sendiri dibuat khusus dengan memenuhi standar keselamatan dan keamanan anak-anak. Ada beragam fasilitas dan permainan tradisional yang dapat mendukung peningkatan kreativitas anak.  Suasana di area terbuka samping Kali Ciliwung ini pun menyegarkan. Anak-anak bisa menjajal aneka wahana permainan dari perosotan, ular tangga raksasa, rumah pohon, flying fox, hingga aneka kaulinan tradisional.

Hasil penggalangan Dana
Adapun waktu pengerjaan taman seluas 600 meter persegi ini bersamaan dengan revitalisasi Lapangan Sempur tanggal 25 Juli tahun lalu. Taman ini selesai pada Januari 2017 dan saat ini sudah bisa dioperasikan lengkap dengan beragam permainan tradisional, seperti, engklek, engrang, hingga arena spot selfie, rumah pohon, serta permainan ular tangga.

Taman ini dibangun dari hasil penggalangan dana masyarakat yang dihimpun melalui kasir Alfamart Alfamidi bekerja sama dengan Yayasan Berani Bhakti Bangsa. Penggalangan berlangsung pada periode November-Desember 2015. Dana yang dikeluarkan sekitar Rp500 juta, seluruhnya dikelola oleh yayasan di bawah pengawasan Pemkot Bogor.