Wisata Jabar

Gebyar Budaya Garut 2017 Digelar di Kawasan Alun-Alun





Dalam rangka Hari Jadi Garut ke-204 mulai Rabu, 22 Februari 2017 hingga Minggu, 26 Februari 2017 digelar Gebyar Budaya. Dalam event tahunan ini, akan dipergelarkan seni dan budaya khas Kab. Garut. Kegiatan ini pun diharapkan menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Garut. Event Parade Budaya tersebut digelar di area Alun-alun Garut.

Untuk pembukaan prosesi parade budaya dilaksaanakan pada Rabu, 22 Februari 2017 mulai  dari pukul 8.00 hingga sore hari di Jalan Ahmad Yani, Garut. Dalam acara pembukaan, sejumlah seniman tampil membawakan kesenian daerahnya masing-masing, diantaranya Manuk Dangdut dari Indramayu, Genjring Bonyok dari Subang, Sapi Gumarang dari Kabupaten Bandung Barat, dan Terbang Sejak dari Kabupaten Garut.

Event seni budaya di Garut ini juga dihadiri sejumlah duta besar di antaranya duta besar dari Australia, Amerika Serikat, India, Vietnam, dan Jerman. Aneka seni budaya seperti pencak silat, reog, kacapi lawak, musik gambus, dan lainnya bakal jadi tontonan menarik selama kegiatan yang digelar selama lima hari ini.

Pada hari pertama, 22 seni budaya khas Kabupaten Garut akan tampil serta pewarkilan dari sanggar seni budaya dari lima kabupaten/ kota di Jawa Barat dan lima provinsi di Indonesia juga akan memeriahkan acara yang digelar di alun-alun Garut tersebut. Gelaran seni budaya pun akan dimeriahkan dari perwakilan empat negara.

Dalam event yang didukung Pesona Indonesia - Kemenpar RI ini, diadakan pula pameran Industri Pariwisata multiproduk, Napak Tilas hingga Helaran Budaya. Untuk pameran produk tradisional Garut, salah satunya dengan pameran batik Garutan pada Kamis, 23 Februari 2017. Sementara untuk kuliner, akan digelar pameran Festival Kopi pada Minggu, 26 Februari 201

Untuk lebih mengenalkan potensi seni budaya Garut, sejumlah acara pun bakal dilanjut pada Maret 2017. Salah satunya, gelaran mainan tradisional anak-anak di lapangan Rancabango pada 22-23 Maret 2017. Adapun tema yang diusung pada milangkala ke-204 ini adalah Mapag Abad Kadigjayaan (menyambut Abad Kejayaan).