Wisata Jabar

Wisata Rekreasi dan Edukasi di Taman Sejarah Bandung




Area publik yang dibuka pada pertengahan Januari 2017 ini menambah tempat wisata gratis terbaru di Bandung. Taman Sejarah yang terletak di belakang gedung Balai Kota Bandung ini makin banyak dikunjungi. Seperti yang terlihat saat tim wisatajabar.com menyambangi tempat ini, banyak pengunjung yang bersantai ria di area taman. Kehadiran Taman Sejarah yang persis di dekat perempatan/stopan Jln. Aceh dan Jln. Merdeka, Bandung, ini menjadi spot favorit untuk rekreasi keluarga.

Saat tim kami menyambangi tempat ini, area parkiran motor terletak di sebelah barat. Setelah memarkirkan motor, tinggal jalan kaki ke arah timur (perempatan). Di area bekas parkiran DPRD Kota Bandung ini hadir teman yang sangat nyaman dengan lantai berbahan granit. Beberapa tempat duduk disediakan di taman ini. Jadi, pengunjung bisa bersantai sejenak sambil menikmati pemandangan di sini. Untuk tempat duduk ada kursi-kursi juga lantai terasering.

Kolam untuk berenang anak-anak
Agak masuk ada tugu batu tiga sebagai ikon taman ini. Tak jauh dari tugu, membentang relief sejarah Kota Bandung dari masa ke masa. Di dinding atas relief tersebut tertulis Sejarah Bandung di Era Wiranatakusumah. Sementara bersebelahan dengan relief, tengah dibangun Bandung Planning Gallery.

Keunikan lain yang menjadikan tempat ini sebagai ajang edukasi sejarah yakni dengan hadirnya gambar para wali kota yang pernah memimpin Kota Bandung dari masa ke masa. Foto-foto para pemimpin Bandung dari era Bertus Coops, Otje Djundjunan, Ateng Wahyudi, Aa Tarmana, Dada Rosada, hingga era Ridwan Kamil terpampang dalam sebuah kaca setinggi semeter.

Dan spot yang paling ramai oleh anak-anak yang berenang adalah kolam kecil di sudut taman dekat perempatan. Taman Sejarah memang dia, dikonsep sedemikian rupa, agar bisa dinikmati oleh anak-anak. Kehadiran kolam berisi air jernih tersebut setinggi betis orang dewasa. Para orangtua yang mengantar anak-anaknya berenang, bisa duduk santai di terasering yang disediakan. Sementara untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung, di sini standby para petugas kebersihan dan tim security Pemkot Bandung.

Museum sejarah Bandung
Taman yang dibangun dari dana Pemkot Bandung sebesar Rp 3,1 miliar ini lokasinya juga dekat tempat wisata lain, di antaranya Taman Sungai Cikapayang (depan Jln. Merdeka), Taman Vanda, hingga tempat belanja di mall Bandung Indah Plaza (BIP) dan Bandung Electronic Center (BEC). Di kawasan pusat kota ini memang akan menjadi museum sejarah Kota Bandung.

Museum sejarah nantinya bisa menjadi destinasi wisata edukasi terutama bagi para pelajar untuk belajar lebih mengenal sejarah Bandung dari masa ke masa. Museum sejarah Bandung tersebut nantinya akan diisi benda-benda dan foto-foto peninggalan sejarah.

Juga bakal hadir video yang bisa diputar mengenai Bandung dari mulai zaman penjajahan Belanda. Selain itu, akan ada ruang khusus untuk tempat belajar. Dengan perlengkapan modern komputer yang berisikan animasi sejarah Bandung.

Tips berkunjung ke Taman Sejarah Bandung
1. Tulisan penanda Taman Sejarah sendiri bisa dilihat dari arah Jln. Merdeka, selepas stopan ke arah selatan (arah Taman Sungai Cikapayang).
2. Untuk angkot terbilang banyak yang lewat ke arah Balai Kota, seperti angkot jurusan Kebon Kalapa - Cicaheum (via Jln. Aceh), angkot dari arah Dago ke Kebon Kalapa, dan lainnya. Untuk informasi lengkap seputar jalur angkot, bisa menggunakan aplikasi pencari rute angkot online klik di sini.
3. Video di lokasi Taman Sejarah, Bandung tonton di sini.
4. Di area Balai Kota bisa menjadi wisata murah meriah. Anda bisa berkeliling memutari Gedung Balai Kota dengan menyambangi wisata ruang publik di Taman Vanda (seberang Bank Indonesia), Taman Sungai Cikapayang (depan Jln. Merdeka), Taman Balai Kota (di halaman Balai Kota), Taman Sejarah, mall Bandung Indah Plaza, Bandung Milk Center (BMC) di sebelah barat/dekat masjid Al Ukhuwah, atau belanja barang elektronik di Bandung Electronic Center.
5. Bisa juga Anda melanjutkan perjalanan ke arah selatan menuju Jln. Braga dan Alun-Alun Bandung atau ke arah utara menuju Jln. Dago.
6. Untuk parkir bisa di halaman Balai Kota, dekat Taman Sejarah, atau di area Bandung Indah Plaza (BIP) tinggal jalan kaki ke Taman Sejarah di arah selatan.
7. Untuk anak-anak berenang, jangan lupa bawa baju ganti. Juga bawa bekal makanan. Selalu jaga kebersihan dan ketertiban di taman ini.
8. Spot Taman Sejarah sangat cocok untuk berfoto selfie. Beberapa spot di antaranya di depan kolam renang dengan background cerah yang menggambarkan Bandung; area relief dan gambar-gambar para wali kota di kaca; atau di depan tugu batu. Jadi, siapkan smartphone atau kamera Anda baterainya penuh.
9. Untuk gedung Bandung Planning Gallery dan Museum Sejarah Bandung masih dalam tahap pengerjaan. Sementara untuk Taman Sejarah pun belum diresmikan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.