Wisata Jabar

Wisata Alam Eksotis di Sungai Cidomas, Purwakarta





"Blue River" itulah julukan wisata alam di Purwakarta ini. Kesejukan udara pegunungan, gemericik suara air, dan rimbunnya pepohonan nan hijau membawa ketenangan saat rekreasi di Sungai Cidomas. Inilah kawasan wisata alam Purwakarta yang kian hari banyak menarik kunjungan para pelancong. Terletak di kaki Gunung Burangrang, puluhan mata air mengalirkan air jernih juga bebatuan besar berada di pinggiran Sungai Cidomas.

Tempat wisata alam ini terletak di Kp. Babakan RT 01 RW 02, Desa Garokgek, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta. Lokasinya kurang lebih sekitar 7 Km dari Situ Wanayasa ke arah Subang (perbatasan Wanayasa dan Sagalaherang). Kawasan wisata ini ditata dengan baik oleh para penduduk dengan cara swadaya. Tempat wisata alam ini sendiri berlokasi di perbatasan Purwakarta-Subang. Untuk menuju tempat wisata Sungai Cidomas, pengunjung bisa menikmati sajian perkebunan teh serta pala.

Selain bisa menikmati suasana alam yang menyejukkan, pengunjung bisa untuk berenang. Adapun kedalamannya dari 10 cm sampai 2 meter. Keunikan airnya yang biru menjadi ciri khas Sungai Cidomas. Air yang biru tersebut sebagai akibat pantulan dari sinar matahari dan dari jernihnya air dan kedalaman sungai tersebut. Selain itu terdapat juga aliran air terjun kecil dan tebing batu yang luar biasa membentuk relief hasil pahatan alam yang luar biasa indah.

Rute ke Sungai Cidomas
Dari arah Wanayasa ambil arah  ke Subang - Pondok Pesantren Islamic Centre Garokgek (ICG) - jalan menurun - pertigaan ambil belok kiri (Gapura Kahuripan) dan jangan ambil kanan arah Subang - terus ke arah pertigaan - lurus ada pangkalan ojek tepat - ambil kanan pertigaan jalan - ikuti petunjuk di plang "Wana Wisata Cidomas" dan berjalan menuju ke Sungai Cidomas. Untuk memasuki kawasan wana wisata Cidomas pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya saja untuk parkir kendaraan biasanya pengunjung harus membayar biaya penitipan.

Di sungai tersebut ada Pak Rosmana selaku penjaga sungai. Jadi, lebih baik untuk izin kepada warga yang ada di sekitar sungai itu. Untuk  berenang di sungai itu tidak dipungut biaya apapun. Tapi sebaiknya pengunjung menghargai Pak Rosmana dan warga lain yang telah menjaga dan menata jalan menuju sungai itu, karena beliau yg membuat dan merawat jalan. Tak ada salahnya untuk memberikan uang jasa.

Masih minim fasilitas
Sementara fasilitas yang ada di sana baru ada warung kecil saja yag menjual mie instant, kopi, dan makanan kecil lain. Namun lewat Pak Rosmana menyediakan pemesanan liwet apabila ingin ke sana (biaya sekitar Rp100.000 untuk makan botram alias rame-rame). Adapun bila setelah renang bingung ganti baju dimana, bilik untuk ganti baju belum ada. Untuk itu, direkomendasikan memakai baju renang dari rumah. Untuk ganti baju setelah berenang bisa dilakukan dengan ikut ganti baju di rumah warga dengan lama tempuh sekitar 10 menit dari sungai. Jadi sebaiknya, beri sedikit tanda terima kasih buat warga.

Selain itu, saat wisata di Sungai Cidomas, harap perhatikan hal-hal berikut:
- Jagalah kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan.
- Jangan corat-coret atau vandalism
- Berhenti berenang ketika arus mulai deras.
- Jaga omongan dengan sopan baik pada warga, pengunjung, maupun alam di sana.
- Tidak mancabut tanaman yang ada di sana.
- Tidak BAB atau BAK sembarangan