Wisata Jabar

Taman Air Mancur Sri Baduga Kembali Dibuka pada 18 Februari 2017





Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan air mancur Sri Baduga, wisata air mancur ini bakal dibuka pada Februari nanti. Pembukaan tersebut merupakan peresmian tahap empat. Sebelumnya, air mancur di kawasan Situ Buleud, Purwakarta tersebut dilakukan beberapa perbaikan dan penyempurnaan.

Taman Air Mancur Sri Baduga dibuka kembali dengan penampilan baru, seperti pencahayaan yang lebih baik di sekitar Taman Air Mancur Berjoget tersebut. Pembenahan lainnya yakni pada terowongan air mancurnya yang dibenahi lagi supaya bisa beratraksi semenarik mungkin. Untuk pembukaan sendiri rencananya akan dipadukan dengan sajian orkestra.

5000 kursi pengunjung
Pembukaan sendiri rencananya akan digelar pada Sabtu, 18 Februari 2017. Untuk perbaikan tahap empat ini, ada penambahan fasilitas 5000 tempat duduk dengan posisi melingkar di spot taman. Sebelumnya, pengunjung harus berdiri saat menyaksikan pertunjukan Taman Air Mancur Sri Baduga.  Pada peresmian nanti, rencananya akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Presiden Jokowi.

Sebelumnya, pada 6 Januari 2017 lalu, Menteri Pariwisata Arief Yahya,  mengunjungi Taman Sri Baduga yang menjadi ikon pariwisata Purwakarta. Menpar menilai, keberadaan air mancur berjoget itu sudah setara dengan air mancur di Dubai Uni Emirat Arab dan Guangzhao, Tiongkok.

Dan pada kunjungan tersebut, Menpar menyarankan agar air mancur Sri Baduga lebih dipoles dengan sentuhan-sentuhan seni pendukung yang lebih kreatif, seperti pertunjukan kolosal, tata cahaya lampu, sound system, juga lighting system yang lebih baik.

Dengan pembukaan air mancur tersebut, masyarakat umum pun diperkenankan kembali bisa menikmati gratis wisata paling ngehits di Purwakarta ini. Selain meresmikan taman tersebut, menteri dan juga presiden pun dijadwalkan akan meresmikan tiga museum diorama digital baru, yakni Museum Nusantara, Museum Citra Resmi, dan Museum Wayang.

Jadwal pertunjukan Taman Air Mancur Sri Baduga
Taman Air Mancur Sri Baduga berada di lahan seluas 2 hektare dan disebut-sebut sebagai yang terbesar se-Asia Tenggara. Di taman ini, tidak kurang 100 buah pipa yang bisa memancarkan air hingga setinggi 10 meter. Adapun pertunjukan air mancur ini biasanya berdurasi selama 45 menit dengan jadwal setiap malam Minggu, yakni pukul 19.30 WIB - 20.15 WIB dan pukul 20.30 WIB - 21.15 WIB.