Wisata Jabar

Wisata Alam Pemandian Air Panas Citiis, Padakembang, Tasikmalaya





Bila Anda sedang nyaba ke daerah Tasikmlaya, tempat wisata alam di kaki Gunung Galunggung ini patut disambangi. Nama kolam pemandian Citiis kini mulai jadi primadona. Lokasinya berada di Kampung Kedung, Desa Citiis, Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya. Walaupun nama desanya Citiis yang dalam bahasa Sunda berarti 'air dingin', namun di area ini lokasinya kolam pemandian air panas. Tempat rekreasi ini berkonsep kampung wisata. Bagi Anda yang hobi touring, bisa menjajal motor Anda menuju tempat wisata yang mulai ngehits di Tasik ini.

Tempat yang pas untuk rehat
Sajian keindahan alam di sekitar kolam pemandian menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke sini. Sekitar tempat wisata dikelilingi pemandangan berupa perbukitan nan hijau. Sementara saat malam hari bila langit cerah tanpa terhalang awan, pengunjung bisa melihat pemandangan langit dengan taburan bintang.

Pokoknya bagi yang ingin niis atau rehat sejenak dari ingar bingar dan kesibukan di kota, tempat wisata di Tasikmalaya ini bisa jadi pilihan. Tempat wisata alam yang berjarak kurang lebih 20 km dari pusat kota Tasikmalaya ini berada pada ketinggian sekitar 770 meter di atas permukaan laut.

Sementara area wisata berupa kolam air panasnya sendiri dibuka setelah Idul Fitri 2015 lalu. Awalnya, kampung wisata ini hanya dibuka untuk sementara karena yang mengurus kolam ini pun keluarga. Selain itu, di area wisata ini pun dibangun padepokan seni Sunda. Sekarang, pengunjung umum pun mulai banyak yang menyambangi tempat ini.

Retribusi kolam pemandian air panas Citiis
Adapun untuk retribusi hanya dikenakan biaya parkir, yakni untuk motor Rp6000 dan pengunjung Rp2000 per orang (tarif dapat berubah sewaktu-waktu). Tarif tersebut sesuai ketetapan Peraturan Daerah Nomor 1. Tahun 2015 tentang upah pungut hasil usaha milik desa.

Rute ke kolam pemandian air panas Citiis
Bila Anda berangkat dari pusat kota Tasikmalaya, ambil rute menuju objek wisata Galunggung yakni melalui Jalan Tasikmalaya- Singaparna. Rutenya lengkapnya yakni dari pertigaan Cipasung - belok ke arah ke Jalan Ciawi-Singaparna (Cisinga) - setelah sekitar 7 km - belok ke jalan desa (samping Masjid Al Irsyad) - menyusuri jalan perkampungan (sekitar 5 km) -  menyusuri jalan - Kampung Wisata Pemandian Air Panas Citiis.