Wisata Jabar

Rumah Pohon di Curug Ciherang Bogor Jadi Spot Selfie Favorit




Ekowisata Curug Ciherang Bukit Batu merupakan salah satu lokasi wisata pilihan yang terletak di Desa Warga Jaya, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Bogor. Sesuai dengan namanya, Curug Ciherang memang mempunyai aliran air yang herang (Sunda = bening). Air terjun ini punya keunikan lain yakni dengan adanya tiga undakan luncuran air.

Di bawah air terjun dengan ketinggian sekitar 30 m ini terdapat kolam penampungan air. Selain itu,  di bawah Curug Ciherang ini terdapat Curug Ciguntur. Jadi saat berkunjung ke Curug Ciherang, Anda pun bisa menikmati keindahan Curug Ciguntur. Untuk menyambangi tempat ini, disarankan pakai sandal gunung atau sepatu karena treknya lumayan menantang.

Wisata air terjun ini terletak di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor ini sekarang banyak dikunjungi wisatawan.  Di kolam  curug, pengunjung bisa nyebur juga ke air, yang kedalaman kolam airnya hanya sekitar 1 meter dan lumayan dingin.

Rumah Pohon, spot selfie paling ngehits
Selesai menikmati keindahan air terjun, pengunjung bisa mengisi perut di warung-warung dan mengabadikan keindahan alam di sekitar area Curug Ciherang dengan kamera. Lokasi wisata ini pun sekarang sudah dibenahi dengan adanya aneka fasilitas penunjang wisata, salah satunya Rumah Pohon (tiket Rp2000 /orang/5 menit).

Pengunjung harus melewati menanjak untuk mencapai rumah pohon dari pintu masuk kawasan wisata Curug Ciherang. Rumah pohon tersebut dibangun di atas pohon besar nan rindah. Pohon ini terletak di tebing sehingga bagian bawahnya merupakan jurang cukup dalam. Sebuah bangunan kayu sengaja dibangun di atas pohon sebagai tempat singgah atau sekadar berfoto sebelum sampai di curug. Rumah pohon dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu.

Villa dan outbond
Area wisata alam yang didirikan pada tahun 2010 ini juga menyediakan fasilitas penyewaan villa, mulai dari yang kecil, sedang hingga berkapasitas besar. Selain itu ada juga camping ground, kegiatan outbound, dan kolam renang anak. Ke depannya, di area ini akan dibangun fasilitas panjat tebing.

Akses ke Curug Ciherang
Curug ini lokasinya sekitar 40 km dari Jakarta dan 20 km dari kecamatan Citeureup Cibinong yang dapat ditempuh sekitar 2,5 jam perjalanan berkendaraan.  Sementara kondisi jalan sudah termasuk baik walau ada yang kurang di beberapa jalur. Untuk jalurnya sebagai berikut:

1. Akses bisa dari Citeureup, Cianjur, atau Cipanas yakni melewati jalur alternatif Jakarta - Cianjur via Jonggol. Dari Alun-alun Jonggol mengambil jalur kanan menuju Sukamakmur. Dari pertigaan Sukamakmur kemudian mengambil arah ke kiri mengikuti jalur hingga sampai di lokasi, dengan jarak kurang lebih 6 kilometer.
2. Bila dari Bekasi - Bantar Gebang - Cilengsi - Jonggol - Dayeuh/Sukamakmur -Pinus/Mekarwangi. 
3. Akses masuk lain dari Jonggol dan Sentul (melalui jalan baru Puncak 2). Akses dari Jakarta (masuk dari Citeureup)  - keluar dari pintu tol Jagorawi Citeureup - kiri ke Citeureup - Jln. Raya Mayor Oking Jaya Atmaja - daerah Tarik Kolot/Lebak Pasir - melewati Kawasan Wisata Pasir Mukti - arah pertigaan jalan Jonggol Cipanas - ada jalan masuk menuju curug Ciherang (ada papan petunjuk). Bilaterus ke depan akan menemukan berikutnya seperti Curug Cipamingkis, Curug Cisarua, Curug Arca, dan Curug Cibeet,

Bila sudah sampai di area wisata Curug Ciherang, dari pintu masuk perjalanan ke area parkir (sekitar 1500 meter) melewati jalan setapak berundak dan berbatu dengan jarak sekira 500 meter Untuk tiket masuk Rp15000 ditambah biaya parkir untuk motor Rp5000 dan mobil Rp20.000.