Wisata Jabar

Kolam Renang Bukit Kacapi, Cigalontang, Tempat Wisata yang Kian Ngehits





Tempat wisata nan resik di daerah perbatasan Tasikmalaya dan Garut ini kini semakin populer jadi destinasi pilihan para wisatawan. Paduan keindahan hamparan perkebunan teh dapat dinikmati oleh wisatawan sambil berenang di kolam renang. Kolam renang Bukit Kacapi berada di Kecamatan Cigalontang, Kab. Tasikmalaya. Bagi yang hobi touring pake motor, kali-kali bisa menjajal jarambah ke lokasi wisata Tasikmalaya yang sedang ngehits ini.

Bagi yang ingin melepas penat sambil menikmati keindahan alam di ketinggain, wisata kolam renang bukit kacapi bisa jadi pilihan saat melancong ke Tasikmalaya. Begitu pula yang senang memotret, pemandangan di kawasan ini bisa jadi bidikan jeprat-jepret kamera Anda.

Berenang sambil menikmati pemandangan perkebunan teh
Wisata Kolam Renang Bukit Kacapi yang berada di ketinggian ketinggian 950 meter dpl ini sebenarnya sudah hadir sejak 2015 lalu. Dan seiring semakin banyaknya yang mengunggah di medsos, tempat wisata ini lambat laun pamornya mulai naik ke permukaan. Kolam renang yang dikelola pribadi ini menyajikan pemandangan hamparan perkebunan teh yang tak kalah dengan tempat wisata serupa di tempat lain, misalnya di Ciwidey atau Pangalengan.

Untuk fasilitas ada saung (gazebo) di atas bukit, ayunan dari kayu, kamar mandi, juga warung-warung. Untuk retribusinya sendiri terbilang murah, cukup merogoh kocek Rp5000 (tiket bisa berubah sewaktu-waktu). Airnya sendiri terbilang alami karena tidak dicampur kaporit. Walau kolamnya tidak terlalu besar, namun sangat mengasyikkan renang di alam terbuka dengan pemandangan sekeliling yang menyejukkan. Tempat ini pun jadi destinasi wisata primadona para kawula muda, baik dari Tasik sendiri maupun dari kota lainnya.

Rute ke Kolam Renang Bukit Kacapi
Lokasi wisata ini berjarak kurang lebih 65 km dari pusat Kota Tasikmalaya atau sekitar 45 km dari Singaparna. Untuk ke kawasan wisata Kolam Renang Bukit Kacapi agak susah-susah gampang karena masih minimnya petunjuk. Bila dari jalan raya via Salawu (perbatasan Garut-Tasik), patokannya ada jembatan. Dari jembatan tersebut belok kanan dan ikuti jalan sampai ke perkebunan teh. Untuk Mudahnya, melewati perbatasan Tasikmalaya-Garut bisa naik ojek atau dari samping Masjid Nazillah (Citenggek, Tenjowaringin) bisa jalan.