Wisata Jabar

Daftar Alamat dan Nomor Kontak Sentra Kerajinan di Tasikmalaya





Sejak dahulu, Tasikmalaya dikenal sebagai pusatnya produk kerajinan. Produk kerajinan Tasikmalaya pun menjadi salah satu ikon kota suvenir Jawa Barat. Salah satu produk kerajinan rakyat khas Tasikmalaya adalah payung geulis  yang pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1926 dipakai oleh none-none Belanda. Payung bahan kertas dan kain dengan hiasan nan cantik ini mencapai masa kejayaan pada era 1955 - 1968. Namun sampai kini pun, payung geulis tetap banyak diminati terutama oleh para wisatawan.

Selain payung geulis, ada juga kelom geulis yang biasa dipakai untuk acara hajatan ataupun acara resmi.
Kelom Geulis Tasikmalaya terbuat dari kayu mahoni atau albasia. Kelom Geulis ini dibuat tanpa bantuan mesin alias hanya menggunakan tangan dengan diberi hiasan yang umumnya motif bunga. Sentra produksi kerajinan Kelom Geulis Tasikmalaya terdapat di Desa Setiamulya, Mulyasari, Kersanegara, Sukahurip, Sumelap.

Ada pula versi lain dari kelom geulis yakni kelom batik. Salah satu tempat kerajinan ini ada Sagitria Collection berlokasi di Jl. Dadaha No. 6 Tasikmalaya. Telp. (0265) 320445,  handphone 08164660900 atau e-mail: sagitriakelombatik@yahoo.co.id.

Lalu di sentar produk kerajinan lainnya ada boneka kayu yang berlokasi di Jalan Leuwi Anyar No. 123 Tasikmalaya, Telp. 081320457767 (CV Atlas Duta Kriya). Di sini, wisatawan bisa membeli aneka boneka lucu berbentuk buah-buahan, sayuran, ondel-ondel, hingga boneka Jepang dengan kisaran harga Rp. 20.000,- sampai Rp. 200.000. Sentra kerajinan lain ada kerajinan mendong yakni berupa produk tikar, tempat pinsil, dompet, tempat sampah, tempat toples, tas,  dan lainnya. Sentra pengrajin mendong berlokasi di daerah Kecamatan  Purbaratu.

Berikut ini beberapa lokasi sentra kerajinan di seputaran Tasikmalaya:

Produk: Anyaman Bambu
Lokasi: Mangkubumi, Indihiang, Bungursari

Produk: Payung Geulis
Lokasi: Indihiang, Cihideung

Produk: Sulaman
Lokasi: Kawalu, Cipedes, Cihideung, Tamansari, Cibeureum, Mangkubumi, Tawang

Produk: Batik
Lokasi: Cipedes, Indihiang

Produk: Anyaman Mendong
Lokasi: Cipedes, Indihiang

Produk: Kelom Geulis
Lokasi: Mangkubumi, Tamansari, Cihideung, Tawang

Produk: Kerajinan Kayu
Lokasi: Cipedes, Tawang, Tamansari, Cibeureum

Produk: Makanan Tradisional
Lokasi: Tersebar di Kota Tasikmalaya