Wisata Jabar

Inilah Lokasi dan Profil Taman-Taman di Kota Bogor





"Kota Sejuta Taman", itulah tagline baru yang kini sedang diluncurkan oleh Pemkot Bogor. Hal ini tergambar dari banyaknya taman-taman yang dibuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk mewujudkan kampanye  Go Green and Clean.

Sampai saat ini, Pemkot Bogor di era kepemimpinan Arya Bima telah membangun 27 taman ruang terbuka hijau dari total 32 taman yang dicanangkan. Taman-taman kota tersebut diharapkan menjadi penambah estetika tata kota, ruang terbuka hijau, juga dapat dapat bermanfaat besar sebagai ruang publik dan interaksi warga Kota Bogor.

Berikut ini taman-taman yang ada di Kota Bogor.

1. Taman Ade Irma Suryani
Nama taman ini sama dengan taman yang ada di Bandung. Namun di Bandung dikenal juga dengan Taman Lalu Lintas. Sementara Taman Ade Irma Suryani yang ada di Bogor lebih dikenal dengan nama Taman Topi. Letaknya di Jln. Kapten Muslihat atau kawasan merdeka. Aksesnya sangat mudah dijangkau bila naik kereta api dan berhenti di Stasiun Bogor.

Plaza Kapten Muslihat sendiri diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Yogi S.M pada tahun 1985. Taman ini memiliki luas area kurang lebih sekitar 23.750 m2. Bangunan dari Taman Topi bpunya ciri khas, yakni atap yang berbeda bentuk dan warnanya.

2. Taman Koleksi
Di taman ini terdapat cafe dan resto dengan harga terjangkau dan dilengkapi free WiFi. Posisi taman ini sangat strategis dekat dengan pintu masukKampus IPB Baranangsiang, loket Kebun Raya Bogor, juga tidak jauh dari Tugu Kujang. Taman ini bersebelahan dengan Botani Square Mall. Di Taman Koleksi kerap diadakan event bulanan untuk para pengunjung.

3. Taman Malabar
Taman yang berlokasi di Jl. Taman Malabar No.4, Bogor in suasananya sangat asri yang berada ditengah-tengah kota. Kkeasrian alam bogor dengan macam-macam tumbuhan dapat pengunjung rasakan. Adapun untuk akses ke Taman Malabar, bisa dari Terminal Baranangsiang naik angkot Ciparigi-Sukasari, lalu turun di Hotel Pangrango, tingggal jalan kaki menuju taman. Untuk akses dari Stasiunm naik angkot 03 jurusan Baranangsiang - Bubulak dan turun di depan Rumah Sakit PMI, tinggal jalan kaki menuju Taman Malabar.

4. Taman Kencana
Ini termasuk taman peninggalan zaman Belanda. Suasananya asri dengan hiasan pohon-pohon rindang. Taman Kencana akan menjadi sangat ramai pada hari Minggu,tempat ini menjadi salah satu tujuan akhir para pelari pagi warga Bogor setelah lelah berolahraga mengelilingi Kebun Raya Bogor ataupun Lapangan Sempur. Untuk akses ke taman ini, dari stasiun naik angkot 08A Jurusan Ramayana - Taman kencana - warung jambu. Sedangkan akses dari Terminal  Baranangsiang naik angkot 03 Jurusan Merdeka - Taman kencana.

5. Taman Sringanis
Berdiri di atas lahan seluas 1000 meter persegi. Taman ini berada di Cipaku Bogor Selatan, menghadap Gunung Salak. Ciri khas taman ini adanya tanaman-tanaman obat herbal yang berkhasiat untuk kesehatan. Tak kurang dari 450 tanaman obat ada di Taman Sringanis.

Taman tanaman obat ini dibangun pada 1992. Letaknya dekat dari Stasiun Kereta Api Batutulis, dan tak jauh dari Monumen Prasasti Batutulis. Kalau naik kereta, Stasiun Batutulis merupakan stasiun pertama setelah keluar stasiun Bogor. Stasiun berikutnya adalah Stasiun Ciomas.

6. Taman Peranginan
Lokasinya di Jl. Jenderal Sudirman Bogor. Taman yang kuasnya sekitar 2500 meter persegi ini sangat asri dengan pohon-pohon tua bersejarah yang berdiameter lebih dari 1 meter. Bentuk Taman Peranginan memanjang searah jalan. Jika sisi yang satu berdampingan dengan trotoar dan jalan, maka sisi sebaliknya tepat menyajikan pemandangan  lembah sungai Ciliwung yang luapan airnya selalu menghantui warga Jakarta.

Untuk akses ke taman ini bila dari Stasiun Kereta Api Bogornaik angkutan kota No.12 turun di Taman Peranginan. Adapun akses dari Terminal BaranangSiang : naik angkutan kota No. 03, jurusan Baranangsiang - Bubulak, turun di Stasiun lalu naik angkutan kota No. 12 turun di Taman Peranginan.

7. Taman Ekspresi
Lokasinya di dekat Lapangan Sempur di seputaran Kebun Raya Bogor, yakni di sisi bagian utara setelah Jln. Si Jalak Harupat. Lokasinya di sudut yang berada di dekat Jalan Salak (Gedung Blenong). Taman dengan luas 2500 meter persegi ini berudara sejuk dengan dikelilingi pohon besar dan rindang, bentuknya seperti amphiteather. Di sini pun ada area Skate Park atau Taman Bermain Skateboard.

Sebuah lahan beralaskan batu andesit di tengah taman, lalu di pinggir kanan terdapat tempat duduk yang berundak-undak. Di depan taman terdapat tulisan tiga dimensi bertuliskan Taman Ekspresi. Taman ini juga difasilitasi tempat sampah di beberapa titik, toilet serta musala. Taman Ekspresi dibangun berdasarkan ide sebagai sebuah tempat dimana warga Bogor dapat menyalurkan berbagai kreativitasnya.

8. Taman Corat Coret
Taman unik in berlokasi di pertigaan Jalan Pandu Raya Bantarjati, Bogor. Taman  tersebut bisa menampung karya komunitas graffiti di kota Bogor, sehingga aksi corat-coret bisa dibedakan. Luas lahan taman ini kurang lebih 430 meter. Ada kurang lebih 31 dinding di taman ini, yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan aksi corat-coret.

9. Taman Air MancurTaman ini terletak di Jalan Sudirman. Fasilitas yang ada berupa tempat duduk, air mancur, ruang terbuka dan juga penataan yang rapih. Jelas ini sudah menjadi taman yang sangat dibutuhkan warga Bogor.


10.  Taman Perlintasan Bogor
Di taman ini, pengunjung bisa berselfie ria dengan latar tulisan besar BOGOR. Taman ini ebrlokasi di perempatan Jln. Pajajaran dan Jln. Jalak Harupat.

11. Taman Astrid
Taman Astrid adalah salah satu bagian dari Kebun Raya Bogor. Lapangan berkonsep memiliki undakan ke arah pagar Kebun Raya. Di taman ini ada sebuah kolam cukup luas dengan air menyembur ke udara seperti ingin memberikan kesejukan. Taman Astrid dibuat pada 1929 untuk menyambut kedatangan Ratu Astrid dan Raja Leopold dari Belgia.

12. Taman Teisjmann
Dari pintu sebelah barat Kebun Raya Bogor, kemudian berbelok ke arah kanan, di sanalan taman ini berada. Taman Teijsmann dibangun pada tahun 1884 oleh DR. Melchior Treub sebagai bentuk penghargaan kepada Johannes Elias Teijsmann atas jasa-jasanya terhadap perkembangan Kebun Raya Bogor.  Di sini pun ada tugu peringatan bagi Teijsmann, terbuat dari batu granit yang khusus didatangkan dari Berlin, Jerman.

13. Taman Heulang
Taman ini berlokasi di tengah-tengah pemukiman elit di Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor.  Lokasinya berada di sebelah SMK Negeri 1 Bogor atau di belakang SMP Negeri 5 Bogor. Taman Heulang menyediakan fasilitas untuk beristirahat seperti pendopo, dan ada juga bangku taman yang beratap dan tidak beratap. Di bagian pinggir taman terdapat jalan setapak yang bisa digunakan untuk jalan-jalan santai atau jogging.