Wisata Jabar

Inilah 6 Daerah Wisata Jabar yang Masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)




Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang digagas Kementerian Pariwisata RI bertujuan untuk mencapai sasaran pembangunan kepariwisataan tahun 2025. Pemerintah pusat sendiri sedang menyusun  88 KSPN yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Kepariwisataan dianggap sebagai lokomotif ekonomi yang salah satunya didukung dengan program-program sektoral, baik peningkatan fisik maupun sosial di kawasan wisata.

Sementara untuk Jawa Barat sendiri, ada enam daerah yang masuk dalam KSPN. Keenam daerah itu adalah Kabupaten Bogor, Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Subang, Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Pangandaran. Terkait rencana pemerintah merumuskan masterplan KSPN maka perlu dikembangkan model hubungan antar lembaga pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota, provinsi dengan pemerintah pusat untuk bersinergi dalam pembangunan pariwisata.

Penetapan kawasan pariwisata tersebut bertujuan mencapai sasaran pembangunan kepariwisataan tahun 2025 dengan indikasi kontribusi pertumbuhan ekonomi 15%, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 4,5 juta, jumlah perjalanan wisatawan nusantara sebesar 70 juta atau 27%, peningkatan lama tinggal wisatawan mancanegara mencapai 7 hari dan wisatawan nusantara 5 hari.

Pengembangan Kawasan Wisata Lain
Selain enam daerah yang masuk dalam KSPN, pihak Pemprov Jabar sudah menyusun 9 kawasan strategis pariwisata provinsi dalam rencana pembangunan, yakni kawasan:
1. Ekowisata Puncak dan sekitarnya
2. Geowisata Palabuhanratu, Ciletuh, Ujung Genteng dan sekitarnya
3. Cagar Budaya Sukabumi
4. Industri Bekasi Karawang
5. Sejarah di Cirebon
6. Pariwisata Kreatif Bandung
7. Pariwisata Alam Bandung Selatan Garut
8. Budaya dan Alam Bahari di Priangan
9/ Ekowisata Pantai Apra Cipatujah (Tasikmalaya) dan sekitarnya.