Wisata Jabar

Rekayasa Lalu Lintas ke Puncak Bogor Saat Liburan Tahun Baru




Kawasan Puncak Bogor dan sekitarnya selalu menjadi destinasi wisata favorit, khususnya warga yang tinggal di Jabodetabek. Keindahan wisata alam juga kenyamanan untuk beristirahat di kawasan wisata Bogor memang menjadi alasan tersendiri. Hal lainnya menyangkut akses ke Bogor yang terbilang dekat dari Jakarta dan sekitarnya. Jalur jalan tol memang mempermudah perjalanan ke tempat wisata di Bogor. Tak terkecuali saat liburan menjelang tahun baru.

Sebagai tempat wisata favorit, kawasan wisata Puncak Bogor pun dipastikan akan dipenuhi wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya. Hotel-hotel, villa, dan penginapan lainnya sudah di-booking jauh-jauh hari sebelum malam tahun baru tiba. Begitu pula tempat-tempat wisata hingga tempat kuliner di kawasan Puncak Bogor sudah siap atas membeludaknya para wisatawan dalam momentum malam pergantian tahun baru nanti.

Dalam momen pergantian tahun baru 2016 ke 2017, bagi Anda warga Jakarta dan sekitarnya sebaiknya memperhatikan jadwal perjalanan untuk merayakan tahun baru di Puncak, Bogor, Jawa Barat. Berikut ini beberapa informasi terkait rekayasa lalu lintas oleh pihak Resor Bogor dalam menghadapi arus kendaraan saat liburan tahun baru 2017:

1. Ditutup saat malam pergantian tahun baru
Pada malam pergantian tahun baru 2017 (31 Desember 2016) Kepolisian Resor Bogor akan menutup total jalur ke Puncak selama 12 jam saat perayaan tahun baru.

2. Ditutup selama 12 jam
Penutupan arus lalu lintas di jalur Puncak pada malam tahun baru untuk semua kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak selama 12 jam, yakni mulai 31 Desember 2016 pukul 18.00 hingga 1 Januari 2017 pukul 06.00. Untuk itu, disarankan bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk datang lebih awal jika ingin merayakan tahun baru di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

3. Diberlakukan satu arah
Pada malam tahun baru, rekayasa arus lalu lintas di jalur Puncak kami berlakukan one way Dimana hanya kendaraan dari arah atas (Puncak) menuju bawah (Ciawi-Jakarta) yang melintas.

4. Pentupan di pos selepas gerbang tol Ciawi
Penutupan arus lalu lintas dan penyekatan kendaraan pada pukul 18.00-01.00 akan dilakukan di pos polisi selepas gerbang tol Ciawi. Untuk itu diimbau, kendaraan warga yang akan menuju Puncak, Cianjur, dan Bandung menggunakan jalur Jonggol.

5. Tidak parkir di ruas jalan
Selain memberlakukan satu arah di jalur Puncak pada malam tahun baru, pihak Satuan Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun di Puncak tidak memarkirkan kendaraannya di ruas jalan karena akan menggangu arus kendaraan.

6. Perhatikan kondisi cuaca
Para pengguna jalan diimbau mengantisipasi kondiPerayaan tahun baru ini bertepatan dengan musim penghujan, sehingga kawasan Puncak rawan bencana alam longsor.