Wisata Jabar

Pesona Wisata Mata Air Cijanun, Bojong, Purwakarta yang Kian Populer




Inilah mata air yang termasuk paling besar di Purwakarta. Adalah mata air Cijanunan yang letaknya di kawasan Gunung Burangrang, Kampung Cijanun dan Lembang Sari Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Purwakarta. Kolam mata air berukuran kurang lebih 10x6 meter dan kedalaman kolam sekitar 3 meter tersebut biasa dimanfaatkan untuk kebutuhan penduduk sekitar. Tempat ini berada di area hijau dimana pepohonan menghiasi sekitar.

Mata air ini sebetulnya potensial untuk dijadikan obyek wisata alam. Selain menyajikan air jernih, tempat ini pun layak disebut dengan stone garden karena memang terdapat bebatuan besar. Semakin kesini, banyak pelancong yang penasaran mengunjungi tempat ini. Untuk penataan, pemerintah desa setempat dibantu para pemuda, mulai mengelola  untuk dijadika objek baru. Di tempat ini sudah dibuatkan kolam penampungan dan kini wisatawan banyak yang berbondong-bondong menuju tempat wisata mata air Cinajun tersebut.

Tempat ini memang terus berbenah untuk jadi destinasi wisata unggulan di Purwakarta. Bagi Anda yang senang bersepeda, bisa  juga menjajal ngaboseh ke tempat ini. Selain penataan kolam, di sini pun ada warung-warung di pinggiran kolam yang menyediakan aneka  makanan. Selesai ngojay, pengunjung bisa mengisi perut dengan menyantap sajian kuliner tradisional seperti karedok, lotek, nasi liwet, dan aneka sajian lainnya.

Rute ke Mata Air Cijanun Purwakarta
Adapun untuk akses jalan menuju kampung itu terbilang mulus dengan cor beton. Ya, meskipun di pelosok Purwakarta dan ada sebagian ruas jalan kampung yang belum di beton. Sementara untuk biaya parkir dan tiket dengan biaya seikhlasnya.

Untuk rutenya, dari Situ Wanayasa lurus ke arah Bojong hingga melewati Pasar Bojong, dan Kantor Kecamatan Bojong hingga Polsek Bojong. Beberapa ratus meter dari Polsek Bojong ada gang/pertigaan di sebelah kanan dengan tugu di tengahnya sedangkan. Seberangnya (sebelah kiri) ada Indomart. Belok kanan lurus terus sampai menemukan SD Cipeundeuy. Dekat SD ada pertigaan (pos ronda) ambil belok kanan. Dari sana mah terus lurus sampai melewat lapang hingga ujung jalan.