Wisata Jabar

Menikmati Keindahan Alam dan Body Rafting di Sungai Cikondang, Wanayasa, Purwakarta





Upaya pengembangan tempat wisata ini dilakukan secara bahu membahu oleh para pemuda Karang Taruna Tanjak Nangsi. Lokasi tempat wisata yang mereka kelola secara bersama-sama tersebut adalah wisata Sungai Cikondang yang terletak di Kampung Tanjak Nangsi, Desa Raharja, Kecamatan Wanayasa, Kab. Purwakarta.

Keindahan Air Jernih dan Panorama Alam Nan Hijau
Potensi wanawisata alam Sungai Cikondang oleh pemuda Karang Taruna desa setempat kian hari kian populer. Apalagi setelah banyak wisatawan yang berkunjung dan mengunggah wisata Sungai Cikondang tersebut ke media sosial. Kampung Tanjak Nangsi sendiri berada sekitar 500 meter dari Situ Wanayasa. Penamaan Sungai Cikondang sendiri konon karena dahulu di pinggir sungai tersebut terdapat pohon kondang (ficus variegate). Pohon ini kini jarang ditemukan. Pohon kondang berkhasiat sebagai obat mencret (diare) dan obat eksim.

Keindahan Sungai Cikondang adalah menyajikan air deras kehijauan dengan latar bebatuan alam dan pepohonan di sekitarnya. Di antara derasnya air sungai dan bebatuan terjal sungai ini pun tertutup rumpun bambu yang berada di sampingnya. Daya tarik sungai Cikondang juga terdapat pada tebing batu yang mengelilinginya dengan beberapa sumber mata air alami yang bisa langsung diminum yang muncul dari sela-sela tebing batu tersebut.

Wisata Body Rafting Sungai Cikondang
Kini, di Sungai Cikondang pengunjung bisa menjajal menyusuri sungai Cikondang dengan lama tempuh sekitar satu jam menggunakan ban. Wisata body rafting ini dengan melewati jeram-jeram menegangkan sebari menikmati pemandangan area pesawahan dan hutan-hutan. Dan, sehabis berbasah-basahan dan menguji adrenalin, pengunjung bisa menikmati  sajian nasi liwet yang sangat mantap disantap bersama-sama.

Untuk rute ke Sungai Cikondang, dari Situ Wanayasa setelah tanjakan (jembatan) belok kiri. Kemudian, terus lurus aja sampai mentok, di sana ada Saung Gede tempat permulaan Body Rafting. Berdasarkan info dari Facebook Urang Purwakata biaya untuk  wisata body rafting di Sungai Cikondang hanya Rp60.000 / orang yang sudah termasuk: perlengkapan body rafting (helm, safety jacket, dan ban), jasa guide, dan cemilan tradisional, dan makan liwet. Untuk informasi dan reservasi bisa menghubungi di nomor WhatsApp: 0856-5991-5994 atau PIN BBM: D1584C7A.