Wisata Jabar

Situ Sanghyang, Objek Wisata Romantis di Tasikmalaya





Bila Anda sedang melancong ke Tasikmalaya, danau ini bisa menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Situ Sanghyang berlokasi di Desa Cilolohan dan Desa Cibalanarik, Kecamatan Tanjung Jaya, Kabupaten Tasikmalaya. Danau dengan luas 37 hektare ini berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Tasikmalaya. Selain menyajikan keindahan alam, di sini pun terdapat wisata sejarah makam keramat Eyang Prabu Linggawastu.

Di sini pun, pengunjung bisa menikmati fasilitas wisata naik perahu atau rakit, jogging, memancing, outbond, playground, berkemah, sepeda air, juga wisata ziarag. Di sekitaran danau pun ada beberapa saung, warung-warung, parkiran, toilet, dan lainnya. Sementara pohon-pohon  nan hijau menjadi pemandangan resik yang ada di sekitaran danau. Bagi Anda yang ingin menyepi dan bercengkrama dengan alam, situ ini sangat cocok.

Di sini pun terdapat masjid lengkap dengan area parkir, papan berisikan cerita mengenai Situ Sanghyang, pagar pembatas, teras dengan paving block, hingga beberapa warung kecil yang tersebar di sekitar area Situ Sanghyang. pengunjung cukup membayar retribusi masuk sebesar Rp3.500 (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Di sekitar danau ini ada prasasti kuno berupa batu ditemukan di sebuah kebun yang diduga situs peninggalan Kerajaan Galuh di Kampung Nangklong, Desa Linggaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Batu yang berdiameter sekitar 1,8 meter itu ditemukan saat melakukan penggalian tanah kebun warga.

Di atas batu tersebut terlihat ukiran seperti gambaran sebuah peta dan terdapat tulisan menyerupai angka 0, 1 dan 5. Selain ada juga beberapa batu yang berukuran lebih kecil dengan diameter 50 cm dan memiliki motif seperti garis yang menggambarkan perbukitan daerah sekitar.

Akses ke Situ Sanghyang
Jalur  Bandung - Garut - Situ Sanghyang
Bandung - Garut - pusat Kota Garut - rute menuju Tasikmalaya - Polres Tasikmalaya -  pertigaan menuju Desa Cibalanarik - Mangunreja - Situ Sanghyang.

Jalur Tasikmalaya - Singaparan - Situ Sanghyang
Tasikmalaya - Singaparna - Salawu - pertigaan Polres Tasikmalaya - kiri menuju Mangunreja - Desa Cibalanarik.