Wisata Jabar

Mata Air Cibulakan, Potensi Wisata Alam Kab. Purwakarta





Pada Jumat, 21 Oktober 2016 hingga dini hari di perkampungan di kaki Gunung Burangrang, tepatnya di sekitar kolam mata air Cibulakan, Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta digelar Festival Seni Pilemburan Ngaruwat Cibulakan. Aneka pertunjukan dan kegiatan yang dimulai dari sore hari tersebut menampilkan kesenian Sunda tarawangsa, longser, terebang, Kelompok Leah, Penggiat Belanja Di Warung Tatangga (BDWT), hingga jaipongan. Gelaran festival rakyat tersebut dalam upaya meruwat mata air Cibulakan yang memberi berkah bagi warga Wanayasa.

Acara tersebut sekaligus merayakan HUT ke-300 Desa Babakan yang menurut catatan sejarah desa, desa ini didirikan pada 1717 dan baru dibentuk pemerintahan desa pada 1740. Event yang pertama kali diadakan tersebut juga merupakan upaya untuk lebih mengenalkan potensi wisata alam yang ada di Kab. Purwakarta.

Jernih dan Menyegarkan
Kolam mata air Cibulakan memiliki kejernihan dan kesegaran mata air dari Gunung Burangrang. Mata air yang terletak di tengah desa tersebut tidak pernah kering meski saat kemarau. Adapun ukuran kolamnya kira-kira 10x5 meter dengan kedalaman sekitar 1,5 m. Penduduk setempat biasa menggunakan kolam mata air tersebut untuk aktivitas seperti mandi hingga mencuci. Bahkan, pada zaman kolonial Belanda, kolam ini konon biasa jadi tempat pemandian bagi para tentara Belanda yang menduduki Wanayasa.

Cinyusu (mata air) Cibulakan sangat jernih dan menyegarkan. Nama Cibulakan sendiri diambil dari istilah bahasa Sunda yang artinya “bergelembung”, memang mata air yang berada di dasar kolam selalu mengeluarkan gelembung seiring munculnya air dalam tanah. Di dekat mata air ini  terdapat makam keramat Kanjeng Dalem Santri. Menurut penduduk setempat beliau ialah satu murid dari Prabu Siliwangi pada zaman kerajaan Pajajaran.

Rute ke Kolam Mata Air Cibulakan
Kolam mata Cibulukan berad di timur Wanayasa, tepatnya di seberang jalan SMPN I Wanayasa. Lokasi mata air ini dikelilingi oleh sawah dan kebun, serta tidak jauh dari perumahan penduduk. Bila Anda ingin mengunjungi wisata alam ini, berikut ini aksesnya: Dari Purwakarta - ke Kecamatan Wanayasa (sekitar 23 km dari Pasar Rebo - Situ Wanayasa - belok ke kiri menuju arah Kab. Subang - sekitar 1 kilometer dekat masjid Desa Babakan, belok kiri di gang yang sama menuju kolam renang rekreasi Cekselong - ada gang kecil  - ke arah kolam mata air Cibulakan.