Wisata Jabar

Festival Layang-Layang Internasional Pangandaran Digelar 15-16 Oktober 2016




Bagi Anda yang merencanakan akan berlibur ke Pantai Pangandara pada bulan ini, jangan lewatkan Kite Carnival 2016. Ajang berskala internasional ini akan diselenggarakan pada Sabtu-Minggu, 15-16 Oktober 2016. Adapun lokasinya di Lapangan Katapang Doyong, kawasan wisata Pantai Timur Pangandaran. Festival Layang-Layang yang biasa digelar rutin tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pesta HUT ke-4 Kabupaten Pangandaran yang jatuh pada 25 Oktober.

Selain Festival Layang-Layang, akan ada juga event Hajat Laut, Tari Ronggeng Kolosal, Parade Budaya, Pasanggiri Mojang-Jajaka, trail adventure, lomba foto, pameran bonsai, lomba melukis layang-layang, dan event wisata lainnya. Selain peserta lokal, festival layang-layang tersebut akan diramaikan para peserta dari mancanegara. Para peserta yang menerbangkan layang-layang tersebut akan memperbutkan juara dalam kategori layang-layang: trainaga, 2 dimensi, 3 dimens, rokaku, dan kategori lainnya.

"Festival Layang-Layang dirancang sebagai salah satu atraksi wisata unggulan Pangandaran. Festival  ini akan menjadi daya tarik wisata karena menjadi bagian dari warisan budaya masyarakat pesisir. Dalam ajang ini, wisatawan bisa menemukan beraneka layang-layang tradisional dan melihat secara langsung berbagai aspek kebudayaan masyarakat pesisir," papar Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata, Perindagkop, dan UMKM Kabupaten Pangandaran Soni Agusman.

Tentunya pula ini merupakan momen yang jarang terjadi, dimana wisatawan selain bisa menikmati keindahan Pantai Pangandaran juga bisa menyaksikan aneka atraksi layang-layang dengan desain unik. Wisatawan pun dapat menikmati aneka event wisata yang digelar juga menikmati aneka kuliner khas laut. Selain itu, para peserta Festival Layang-Layang juga akan diajak mengunjungi objek-objek wisata di Pangandaran.