Wisata Jabar

Curug Koja, Surga Tersembunyi di Cikatomas, Kab. Tasikmalaya





Destinasi wisata di Tasikmalaya selatan kian hari kian mulai terangkat ke permukaan. Tak dapat dipungkiri, pengaruh kehadiran medsos menjadi salah satu media informasi yang efektif untuk tersebarnya objek wisata tersembunyi di Tasikmalaya selatan. Jalur wisata ke arah Cikatomas, Salopa, hingga Cipatujah dan Cikalong menarik kunjungan wisatawan.

Mereka ingin merasakan sensasi mengunjungi tempat wisata yang lain daripada yang lain serta masih sangat alami. Dan salah satu keunggulan tempat wisata alam di Tasikmalaya Selatan adalah banyaknya objek wisata curug (air terjun). Namun, potensi wisata alam di selatan Tasikmalaya tersebut belum digarap secara optimal oleh pemerintah setempat. Padahal penyebaran informasi wisata di Tasikmalaya selatan oleh netizen, jika diamati di media sosial termasuk paling aktif.

Rute ke Curug Koja, Cikatomas
Adapun untuk jalan raya menuju tempat wisata secara umum berkategori layak dilalui. Akan tetapi, akses lanjutan dari jalan raya menuju ke lokasi wisata biasanya butuh tantangan tersendiri bagi wisatawan. Belum lagi urusan kelengkapan fasilitas di objek wisata tersebut.

Salah satu curug di Tasikmalaya Selatan yang kini sedang ngehits di media sosial adalah Curug Koja. Air terjun nan indah ini berlokasi di di Kampung Mekarsari Desa Linggalaksana, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Untuk menuju tempat ini, bisa menggunakan mobil pribadi atau kendaraan bermotor. Adapun pengguna angkutan umum, dari Kota Tasikmalaya bisa menggunakan bus mini TKM yang menuju Kec. Pancatengah.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata alami ini, akses dari kota Tasikmalaya yakni ke arah Cipatujah hinga patokan kedua yaitu alun-alun Kecamatan dan Polsek Sukaraja. Selepas Kecamatan Kawalu tepatnya memasuki Desa Urug. Untuk jalur perjalanan ke arah selatan memang berkelok-kelok khas perbukitan Tasikmalaya dan arus lalu lintas biasanya lancar jaya.

Perjalanan selanjutnya untuk menuju Curug Koja yakni ke arah Cikatomas. Saat sampai di Alun-alun Cikatomas/Masjid Agung Cikatomas ke arah kanan menempuh perjalanan sekitar 6 km.  Kondisi jalan sudah beraspal mulus hanya 1 km sebelum tiba di tempat parkiran jalan sedikit rusak. Dari area parkiran perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sekitar 20 menit hingga tiba di lokasi curug berada.

Curug Koja memiliki pemandangan yang begitu alami dan asri. Deretan batuan kapur yang menyembul ke atas permukaan air menjadi daya tarik tersendiri. Dan tentunya aliran air terjun sangat memesona dan mengundang pengunjung untuk berenang atau berselfie ria.