Wisata Jabar

Museum Nusantara Sejarah Alam Indonesia, Bogor





Museum Etnobotani-LIPI,  Jl. Ir. H. Juanda, Kota Bogor, telah berdiri sejak 1982. Dan per 31 Agustus 2016 museum tersebut bersalin menjadi Museum Nusantara Sejarah Alam Indonesia (Munasain). Museum dengan konsep baru ini akan menjadi medium pendidikan dan penelitian. Soft launching museum ini telah dilaksanakan pada Agustus 2016 lalu.  Museum Nasional Sejarah Alam ini satu-satunya di Indonesia. Sementara dalam pengembangannya akan bekerjasama dengan museum sejarah alam dengan negara-negara lain.

Adapun pembangunannya sendiri digarap mulai 2017 dan ditargetkan rampung pada 2019. Dan pada peluncuran tersebut dihariri oleh berbagai pihak terkait, seperti LIPI, Pemerintah Kota Bogor, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO)

Koleksi Keanekaragaman Alam Indonesia
Museum yang dikembangkan ini menyimpan berbagai macam koleksi flora dan fauna Indonesia, asal muasal alam, hingga sejarah perkembangan manusia. Dalam pengembangan museum ini, LIPI akan melakukan penataan-penataan  setiap ruangan dan lima lantai gedung museum. Adapun setiap lantai bangunan gedung museum akan dieksplorasi berupa keanekaragaman hayati (biodiversitas) yang layak menempati koleksi museum.

Museum selain berisikan tentang etnobotani, pemanfaatan tumbuhan tropis Indonesia, juga tentang kehidupan modern sampai rekayasa genetika.  Museum ini menampilkan 1.840 koleksi tanaman, ditambah dengan koleksi hewan yang berasal dari Museum Zoologi yang dikenal sebagai museum terbesar 10 dunia dengan jumlah koleksinya. Untuk kesejarahan, di sini ditampilkan perkembangan Kota Bogor dari masa ke masa. Juga ada tampilan peta Bogor yang dibuat pada tahun 1901.

Konsep pengembangan museum ini menggunakan format modern, yaitu memanfaatkan teknologi informasi dengan tema edukatif, kreatif, dan inspiratif. Informasi yang disampaikan akan dikemas semenarik mungkin. Sementara untuk kemudahan akses secara menyeluruh, maka ke depannya akan dibuat tiket terusan antara Kebun Raya Bogor dengan Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia dan Museum Balai Kirti yang ada di Istana Presiden RI Bogor.