Wisata Jabar

Kawasan Wisata Terpadu di Grama Tirta Jatiluhur, Purwakarta



"Purwakarta Istimewa" itulah tagline yang diusung oleh kota yang berbatasan dengan Bandung. Keistimewaan ini pun sekarang sedang digenjot dalam bidang pariwisata. Dalam era kepimpinan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, pengembangan sektor wisata terus di-upgrade. Purwakarta pun kini menjelma menjadi kota wisata yang menyajikan aneka pilihan wisata dari kuliner, taman, hingga event-event seni budaya.

Salah satu destinasi wisata pilihan di Purwakarta adalah kawasan wisata terpadu Waduk Jatiluhur. Bendungan yang dibangun pada 1957 dan diresmikan 26 Agustus 1967 tersebut, menyajikan aneka wisata yang terbilang komplet. Perum Jasa Tirta II selaku pengelola menjadikan kawasan wisata Waduk Jatiluhur lebih memesona bagi wisatawan. Dengan nama Wisata Grama Tirta Jatiluhur, kawasan ini menyajikan wisata serba air dari berperahu, selancar, kolam renang, hotel/penginapan, outbond, berkemah, hingga wisata kuliner.

Grama Tirta Jatiluhur sendiri diambil dari bahasa Sanskerta yang artinya "kampung air".  Fasilitas lainnya ada Jatiluhur Convention & Resort Hotel, penyewaan sepeda, floating resto, dan di sini pun ada Giri Tirta Wanayasa yang terkenal dengan Sky Pool-nya. Untuk tiket masuknya Rp. 20.000,-/orang dan Rp. 15.000,-/kendaraan (sedan). Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu.

Wisata Grama Tirta Jatiluhur biasa dijadikan tempat meeting dan event-event. Wisata Grama Tirta Jatiluhur pun sangat cocok untuk wisata keluarga. Kawasan wisata ini pun terbilang mudah diakses berjarak sekitar 15 menit dari pusat kota Purwakarta, enam kilometer dari pintu gerbang tol Jatiluhur, atau sekitar 40 menit dari Bandung, dan 1,5 jam dari pintu tol Pondok Gede.

Jatiluhur Water World 
Pengunjung bisa menikmati pemandangan luasnya Waduk Jatilhur kemudian menikmati aneka kuliner yang didominasi menu serba ikan. Maklum saja di waduk ini pun sejak dulu banyak penambak ikan dengan keramba. Lalu, bagi keluarga bisa juga membawa anak-anak berenang di  Jatiluhur Water World (JWW). Di area JWW banyak kolam renang dengan berbagai ukuran; dari standar olimpiade, kolam untuk berseluncur, hingga kolam yang dangkal.

Permainan air dijamin makin seru dengan adanya wahana ember tumpah dan bungee trampoline. Wahana lainnya ada fasilitas flying fox. Sementara untuk tiket masuk Jatiluhur Water World untuk hari biasa  Rp27.500, Sabtu-Minggu Rp30.000, dan libur nasional Rp40.000. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu.

Grama Tirta Jatiluhur
Telp. : (0264) 201087 – 201089
Fax. : (0264) 8222538
E-mail : gramatirta@jasatirta2.co.id