Wisata Jabar

Jelajah Wisata Pantai Madasari yang Masih Asri





Saat musim liburan sekolah, Lebaran, atau tahun baru, nama Pantai Pangandaran biasa menjadi favorit para wisatawan untuk berekreasi. Pesona Pantai Pangandaran memang tak lekang oleh waktu. Pantai di selatan Jawa Barat ini kerap dikunjungi ribuan wisatawan lokal dan turis asing. Namun bagi Anda yang ingin menjajal tempat wisata antimainstream, alias bukan melulu ke Pantai Pangandaran, bisa mencoba menjajal tempat wisata pantai ini.

Pantai Madasari, ya nama tempat wisata ini sekarang semakin trending di media sosial. Paduan alam yang yang masih resik juga aneka spot menarik untuk berfoto menjadi alasa wisatawan jarambah alias menjelajah ke tempat wisata nan eksotis ini. Memang untuk aksesnya butuh waktu dan tenaga lebih. Namun bagi para petualang jelajah wisata, Pantai Madasari rasanya tak boleh dilewatkan saat berwisata ke Pangandaran. Kawasan Pantai Madasari pun cocok untuk spot berkemah.

Gugusan Pulau Batu
Pantai Madasari yang masih alami ini terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.  Letaknya berada di sebelah selatan Pantai Batu Karas. Saat mengunjungi pantai ini, wisatawan akan dimanjakan oleh areal berpasir yang masih bersih plus aneka pulau batu yang sangat cocok buat mengambil gambar dengan kamera smartphone atau kamera foto.

Di pantai ini terdapat pulau-pulau kecil yakni Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit (Karang Seugeuh), Legok Gandu, Cariuk, dan Pandan Nyampai. Pulau batu tersebut indah dan unik terlebih Batu Leuit atau warga menyebutnya Karang Seugeuh. Batu Leuit tidak jauh dari bibir pantai. dimana di atasnya ada pohon yang saat pas untuk dijepret dengan kamera Anda.

Akses dan Harga Tiket Pantai Madasari
Untuk akses ke pantai yang punya nama lain Buluk Benda (Bulben) ini, dari Pantai Batu Karas sekitar 18,5 km (kurang lebih30 menit perjalanan). Sedangkan dari kota Pangandaran, pantai ini bisa disambangi dengan jarak tempuh sekitar 45 menit.

Untuk rutenya, dari Pangandaran - arah Cimerak - melewati Pantai Batu Hiu dan Green Canyon - ke Legokjawa - belok kiri ke Bulakbenda - Pantai Madasari. Adapun jika memilih jalur dari Cimerak - belok kiri ke desa Masawah- Bulakbenda - Pantai Madasari. Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan nan indah.

Tiket masuk Pantai Madasari (harga bisa berubah sewaktu-waktu):
– bus kecil Rp36.000
– bus sedang Rp68.000
– bus besar Rp83.500
– pejalan kaki  Rp2.500
– sepeda motor Rp7.500
– jeep, sedan, dan sejenisnya Rp19.000