Inilah Jadwal dan Rute Kirab Api PON XIX/2016 Jawa Barat



Kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX dan Peparnas XV 2016 Jawa Barat dimulai pada Senin (5/9/2016). Kirab api PON XIX dimulai dari Indramayu dan akan berakhir pada 17 September 2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung. Pelepasan Kirab Api PON XIX dan Peparnas XV pada Senin tersebut, dilakukan Gubernur Aher bersama Menko PMK RI Puan Maharani di Alun -alun Kabupaten Indramayu, Jalan Letjen Sutoyo Nomor 1/E Kabupaten Indramayu.

Dikawal Prajurit Kodam III/Siliwangi
Adapun peserta pembawa obor PON salah satunya adalah mantan lifter kelas dunia, H Darma, SE (59). Dan pembawa api PON, adalah para atlet legendaris Jawa Barat yang akan mengelilingi 27 kabupaten/kota. Dalam perjalanan kirab, pembawa obor didampingi oleh prajurit Satpur, Satbanpur wilayah Kodam III/Siliwangi. Sementara pihak pengamanan menurunkan 4.109 anggota polisi, 367 personel patwal, TNI sebanyak 1.366 personel, dan 927 personel Satpol PP.

Obor api PON tersebut akan dibawa berkeliling 27 kabupaten/kota di Jabar selama 12 hari. Obor akan diarak dengan jarak tempuh sepanjang 1.005,4 kilometer di seluruh wilayah Jabar. Sementara sumbe api PON tersebut diambil dari api abadi alam di Desa Majakerta, Kab. Indramayu. Dulunya, api abadi tersebut ditemukan sekitar tahun 1820 saat eksplorasi migas zaman Belanda. Api abadi tersebut bermula dari gas alam dan saat ini menjadi salah satu sumber migas bagi Pertamina di wilayah Balongan, Indramayu.

Idul Adha, Libur Dua Hari
Api PON diinapkan sebanyak 10 kali di 10 kota dan kabupaten, yakni di Kota Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut, Kabupaten Purwakarta, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung.

Adapun terkait momen perayaan Idul Adha, perjalanan obor Api PON akan diliburkan selama dua hari, yakni Minggu dan Senin, 11-12 September 2016. Pada tanggal tersebut, Api PON saat berada di Kota Bekasi disemayamkan di Pendopo Wali Kota Bekasi.

Rombongan pembawa api PON ditargetkan tiba menuju pembukaan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu, 17 September mendatang. Selanjutnya, obor akan diletakan di kalderon GBLA dan akan tetap menyala selama perhelatan PON.

Jadwal dan Rute Kirab Api PON XIX
Rute kirab api PON XIXI dimulai dari Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kuningan, Majalengka, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Subang, Purwakarta, Karawang, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan finis di Kota Bandung. Titik terakhir, api akan disemayamkan di Stadion GBLA sebagai tanda PON XIX dan Peparnas XV 2016 dimulai.

Berikut ini jadwal dan rute yang dilalui kirab api PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jabar:
Senin, 5 September 2016: api diambil dari api abadi di Desa Majakerta, Kab. Indramayu menuju Cirebon.

Selasa, 6 September 2016: rombongan Kirab bertolak dari Kota Cirebon menuju Kabupaten Majalengka dan berakhir di Kabupaten Ciamis.

Rabu, 7 September 2016: rombongan kembali bergerak ke Kota Banjar.

Kamis, 8 September 2016:  perjalanan dilanjutkan menuju Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya dan berakhir di Kabupaten Garut.

Jumat, 9 September 2016: rombongan pembawa Api Pon akan bergerak kembali dari Kabupaten Garut menuju Kabupaten Sumedang, Subang, dan berhenti di Kabupaten Purwakarta.

Sabtu, 10 September 2016: api kembali dibawa dari Purwakarta, menuju Karawang, berakhir di Kabupaten dan Kota Sukabumi.

Minggu dan Senin, 11-12 September 2016: rombongan dan api PON diistirahatkan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1437 H.

Selasa. 13 September 2016: rombongan bergerak kembali mulai dari Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor dan berhenti di Kota Bogor.

Rabu dinihari, 14 September 2016: rombongan akan berkeliling mulai dari Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Kamis, 15 September 2016: rombongan bergerak kembali dari Cianjur menuju Kabupaten Bandung Barat, Cimahi dan Kabupaten Bandung

Jumat, 16 September 2016: rombongan mulai bergerak dari Kabupaten Bandung menuju Kota Bandung dan finish di Gedung Sate.

Sabtu. 17 September 2016: rombongan akan bergerak dari Gedung sate menuju Stadion GBLA, tempat upacara pembukaan serta penutupan PON XIX/2016. Rencananya, Presiden RI Joko Widodo akan hadir dalam acara tersebut.

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS