Wisata Jabar

Inilah Daftar Kenaikan Tarif Masuk Pantai Pangandaran Per 1 Oktober 2016




Pantai Pangandaran merupakan destinasi wisata favorit wisatawan yang sejak dulu ramai dikunjungi. Apalagi saat musim liburan sekolah, libur Lebaran, atau liburan tahun baru. Keindahan Pangandaran memang menyajikan sejuta pesona bagi para wisatawan. Belum lagi dengan banyaknya tempat wisata lain di dekat Pantai Pangandaran, seperti Pantai Karapyak, Pantai Karangnini, Pemandian Alam Citumang (Green Valley), Cukang Taneuh (Green Canyon), hingga event wisata yang rutin digelar seperti festival layang-layang dan hajat laut.

Kawasan Pantai Pangandaran pun menjadi tempat wisata yang tidak hanya didatangan wisatawan lokal, tapi juga wisatawan mancanegara. Seiring perjalanan waktu. objek-objek wisata di Pangandaran pun mulai dilakukan pembenahan. Pembenahan tersebut berimbas pula pada dinaikannya retribusi masuk ke objek-objek wisata tersebut.

Alasannya, kenaikan tarif retribusi tersebut dalam rangka mengoptimalkan penerimaan yang berasal dari pendapatan asli dearah dan untuk membiayai pembangunan dan mendorong pengembangan tempat rekreasi bagi masyarakat perlu didukung oleh pendapatan yang bersumber dari pemungutan retribusi daerah. Salah satu pembenahan yang dilakukan erencanaan Pemda Kab. Pangandaran dengan akan direlokasinya pedagang kaki lima (PKL) yang berada di sepanjang pantai dan penyediaan lahan parkir yang lebih representatif.

Kenaikan Retribusi 5 Objek Wisata
Peraturan Bupati Pangandaran Nomor 28 tahun 2016 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga. Kenaikan retribusi berlaku untuk lima objek wisata yang dikelola pemerintah. Kelima objek wisata  tersebut yakni:
1. Pantai Pangandaran
2. Pantai Batu Hiu
3. Cukang Taneuh (Green Canyon)
4. Pantai Batukaras (objek wisata Kelas I)
5. Pantai Karapyak (objek wisata Kelas II).

Tarif Retribusi Pantai Pangandaran Terbaru
- Per orang Rp6.000
- Sepeda bermotor Rp14.000
- Jeep/sedan dan sejenisnya Rp37.000
- Minibus kecil dan sejenisnya Rp65.000)
- Minibus besar dan sejenisnya Rp92.500
- Bus kecil dan sejenisnya Rp126.000
- Bus sedang dan sejenisnya Rp188.000
- Bus besar dan sejenisnya Rp310.000