Wisata Jabar

ECO Bambu Cipaku: Tempat Rekreasi dan Edukasi Mengenal Seni Budaya Sunda





Saat menyambangi tempat ini, suasana sejuk dan nyaman langsung menyapa. Rindangnya pepohonan di sekitaran area ini membawa ketentraman batin. Inilah Education Cipaku Oase (ECO) Barisan Muda Bandung Utara (Bambu), kawasan kampung seni budaya yang terletak di daerah Cidadap, Ledeng, Kota Bandung. ECO Bambu Cipaku sebetulnya merupakan kawasan terpadu dimana selain kampung wisata, juga ada hotel, restoran, kolam renang, kolam pemancingan, hingga restoran ala tempo doeloe.

Beberapa bangunan dari bambu difungsikan menjadi tempat latihan silat, rampak kendang, hingga wushu. Bangunan bambu lainnya ada area penonton, aula, mushola, dan saung-saung untuk reureuh (istirahat). Kampung wisata ini diresmikan pada Minggu 22 Maret 2015.

Pendirian sanggar ini mulai dirintis oleh pendiri Sanggar Seni dan Budaya ECO Bambu Cipaku Andreas Wihardja dibantu oleh pemilik PT Cipaku Indah pada 2012. Beberapa bulan kemudian setelah diresmikan pada 22 Maret 2015, sanggar seni ini menjadi Kampung Wisata ECO Bambu, Sabtu (21/11/2015).

Peresmian Kampung Wisata ECO Bambu berbarengan dengan peluncuran Kampung Belekok di Kecamatan Gedebage, Kampung Pindad di Kecamatan Kiaracondong, Kampung Batik di Kecamatan Cibeunying Kaler, Kampung Barongsai di Kecamatan Astanaanyar, Kampung Tahu di Kecamatan Babakan Ciparay, Kampung Toge di Kecamatan Bandung Kulon, Kampung Wisata di Kecamatan Bandung Kidul, Kampung Peuyeum di Kecamatan Mandalajati dan Kampung Braga di Kecamatan Sumur Bandung.

Rekreasi dan Edukasi
Saat berkunjung ke sini, kita akan dihibur dan diberikan pembelajaran serta interaksi dengan wahana di ECO Bambu Cipaku selama 3 jam per sesinya. ECO Bambu Cipaku sendiri membuka beberapa sesi dalam setiap harinya. Untuk tiket masuknya pun terjangkau dimana ada menu paketnya juga dimana pengunjung dapat menikmati aneka sajian makanan khas Sunda (nasi liwet kumplit) dan mendapatkan souvenir angklung. ECO Bambu Cipaku yang merupakan bagian dari The Cipaku Garden Hotel ini diproyeksikan akan menjadi salah satu tempat wisata keluarga baik lokal maupun mancanegara.

Kampung wisata seni budaya ini biasa jadi tempat berkumpulnya komunitas, sanggar seni, para seniman dan budayawan Sunda. Para pegiat kesenian khas Sunda biasa melakukan latihan rutin di sini, dari pencak silat, degung, rampak kendang, permainan anak tradisional, angklung, dan sebagainya.

Kampung wisata seni budaya di Cipaku ini pun kerap dijadikan tempat kumpul gathering komunitas, pentas seni budaya Sunda, pelatihan komunitas, dan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Bahkan, tempat ini pun biasa dijadikan tempat kumpul para mahasiswa dan siswa SMA di seputaran Bandung. Bahkan tak jarang para wisatawan asing juga banyak yang menyambangi tempat ini. Mereka biasanya ingin mengenal lebih dekat seni budaya Sunda yang biasa dipentaskan di sini. Kadang para turis tersebut latihan angklung.

Kawasan Wisata Terpadu
Konsep kawasan wisata terpadu yang diusung ECO Bambu Cipaku memang lebih mengedepankan sisi idealisme. Di sinilah tempatnya bagi yang ingin mengenal seni budaya Sunda atau sekadar berinteraksi dengan alam. Dekat kampung seni budaya, pengunjung bisa jalan-jalan ke hutan kota yang masih resik. Anda bisa menikmati buaian angin yang dipadu dengan gemericik aliran air dari sungai yang bersumber dari mata air alami.

Lepas itu, bagi yang senang memancing bisa menjajal mengail aneka ikan di Kolam Pemancingan Cipaku. Bila perut sudah keroncongan, bisa santai sambil menikmati aneka menu makanan di Kemangi Resto. Untuk tempat ngaso, ada juga beberapa saung kayu yang sangat nyaman untuk dijadikan tempat istirahat sambil menjajal kuliner.

Sementara bagi yang bawa anak-anak, bisa membawanya main di taman luas, memancing di kolam, atau membawanya berenang di Kolam Renang Cipaku yang tak jauh dari ECO Bambu Cipaku.

Rute ke ECO Bambu Cipaku
Lokasi ECO Bambu Cipaku berada di bagian bawah kompleks Perumahan Cipaku Indah. Dari tol Pasteur ambil ke arah Jln. Setia Budhi (Ledeng) terus ka arah Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Tepat di belokan Kampus UPI setelah Masjid Al-Furqon, belok kanan ke arah Perumahan Cipaku Indah. Masuk ke area perumahan ini, jalan menurun karena termasuk kawasan perbukitan Bandung utara.

Di sepanjang jalan ada penunjuk arah ke Cipaku Garden Hotel. Lokasinya dekat selepas Kantor Kelurahan Ledeng, nanti ada pertigaan dimana yang kiri ke arah hotel dan kanan ke arah Kolam Renang Cipaku dan Kampung Wisata ECO Bambu Cipaku.

Angkutan Umum:
1. Angkot Cicaheum - Ledeng
2. Angkot Kebon Kalapa - Ledeng
3. Angkot St. Hall - Lembang
4. Angkot Ciroyom - Lembang
5. Bus DAMRI Leuwipanjang - Ledeng
5. Bus DAMRI Cicaheum - Ledeng

ECO Bambu Cipaku
Jln. Cipaku Indah XII No. 8, Cidadap,
Kelurahan Ledeng, Kota Bandung
(Samping Kolam Renang Cipaku)

Informasi dan reservasi:
Telepon/SMS/WA: 0857-2270-0945

Jam operasional
Buka setiap hari mulai pukul 08.30 - 18.00 WIB