Wisata Jabar

Melihat Keindahan Waduk Jatigede dari Puncak Damar





Waduk Jatigede dipastikan akan menarik kunjungan wisatawan seperti halnya "saudaranya" yang lain seperti Waduk Jatiluhur, Waduk Cirata, ataupun Waduk Saguling. Keberadaan wisata air di waduk yang ada di daerah Sumedang ini lambat laun mulai menyedot perhatian pengunjung. Waduk yang mulai diairi 31 Agustus 2015 bersamaan dengan peresmiannya tersebut mulai dikelola untuk tujuan wisata. Beberapa penduduk memanfaatkan untuk wisata berlayar di waduk dengan perahu sewa.

Salah satu lokasi di sana yang sekarang mulai ngehits adalah Puncak Damar. Lokasi tersebut bikin nyaman dan pengunjpung pun bisa menikmati suasana pemandangan Waduk Jatigede dari ketinggian. Puncak Damar memang menyajikan keindahan alam pegunungan di wilayah Puncak Damar, juga menyajikan keindahan hamparan bendungan Jatigede di sebelah timurnya.

Sesuai dengan namanya, Puncak Damar Jatigede berlokasi di kawasan ketinggian Puncak Damar, Desa Paku Alam ,Kecamatan Darmaraja. Wana wisata ini berada di hutan petak 24 RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar. Tempat ini kini menjadi spot menarik pengunjung untuk berfoto-foto dengan latar Waduk Jatigede. Pengunjung bisa melihat keindahan Waduk Jatigede dari viewdeck yang disediakan di sana.

Dilansir dari sumedangtandang.com, Puncak Damar dikelola sama antara Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Paku Alam Desa Paku Alam dan Perhutani KPH Sumedang. Kerja sama ini diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan hutan agar tetap lestari dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar wana wisata Puncak Damar Jatigede.

Untuk ke Puncak Damar, akses pengunjung melalui jalan kawasan hutan dan jalan Desa Paku Alam - Situraja. Di area wana wisata ini pun terdapat fasilitas lahan parkir untuk motor dan mobil (50 meter sebelum pintu masuk). Di area Wana Wisata Puncak Damar Jatigede, pengunjung bisa menikmati lesehan di beberapa shelter. Ada juga fasilitas lain seperti Gazebo, Camping Ground, Outbound dan tempat bermain anak-anak, mushola kecil dari kayu yang tampak alami. Tak ketinggalan juga tersedia toilet yang bersih.

Sementara tarif masuk Wana Wisata Puncak Damar Jatigede dikenakan biayar restribusi Rp.4000. Adapun bagi yang membawa kendaraan ada tambahan untuk biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan mobil dan Rp2.000 untuk sepeda motor.