Wisata Jabar

Pesona Keindahan Telaga Biru Cicerem, Kabupaten Kuningan





Telaga Biru Cicerem di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kab. Kuningan kini menjadi destinasi wisata alam yang mulai trending di media sosial. Pengunjung pun datang bukan hanya datang dari Kuningan namun dari luar daerah, malam tak sedikit pelancong dari mancanegara yang menyambangi tempat ini. Warna airnya berwarna biru dengan ikan-ikan di dalamnya menyimpan pesona sungguh indah. Walau hanya mempunyai kedalaman lima meter namun tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menyepi dan merasakan suasana alam nan asri.

Tempat di kaki Gunung Ciremai ini sudah lumayan lama dikenal semenjak tahun 2010.  Sekarang di era media sosial, tempat wisata ini biasa banyak dikunjungi oleh para pelancong yang kebanyakan anak muda. Mereka banyak yang mengabadikan keindaha telaga ini untuk kemudian mempostingnya di media sosial, terutama Instagram.

Selain menyajikan tempat yang asri dan sejuk, tiket ke area wisata ini pun sangat terjangkau. Di sekeliling telaga ini berdiri aneka tumbuhan tinggi dan rindang. Letaknya pun jauh dari jalan raya sehingga mudah diakses oleh wisatawan. Tempat ini pun cocok bagi anda yang suka hunting foto.

Akses ke Telaga Biru Cicerem, Kuningan
Untuk akses ke tempat wisata alam ini, dari arah Kuningan atau Cirebon menuju ke bundaran Ciracas, tepatnya sebelah utara setelah Pasar Cilimus lalu menuju Jln. Mandirancan. Selama perjalanan, Anda bisa menikmati pemandangan hamparan sawah dan indahnya Gunung Ciremai. Anda akan masuk ke Jln. Kasab dan pertigaan Cirea-Pasawahan, belok kiri menuju Tugu Macan Mandirancan (sekitar 800 meter dari pertigaan).

Dari Tugu Macan Mandirancan ambil arah ke Desa Pasawahan/Jln. Cirea-Pasawahan. Nanti ada pertigaan dekat lapangan bola lalu belok, lalu ambil ke kanan menuju objek wisata Paniis. Adapun bila lurus dari pertigaan dekat lapangan akan menuju ke Desa Wisata Cibuntu. Dari obyek wisata Paniis, tak jauh ada Situ Sipariuk (sebelah kiri jalan).

Lanjutkan perjalanan sampai ke perempatan dekat Masjid Pasawahan, lalu belok kanan ke arah Jln. Pasawahan, kemudian belok kiri setelah kantor Polsek Pasawahan menuju Jln. Bina Lestari. Di sana, ada informasi akses menuju Situ Cicerem. Sekira 500 meter dari kantor Polsek, ada pertigaan dekat Masjid lalu belok kiri menuju Jln. Kaduela. Tak jauh dari pertigaan dekat masjid, kurang lebih sekitar 300 meter ada gerbang yang menunjukan lokasi Situ Cicerem.