Wisata Jabar

Bukit Panembongan, Tempat Menikmati Panorama Alam dan Spot Selfie Favorit





Objek wisata ini terletak di Desa Tembong Kecamatan Garawangi, namanya Bukit Panembongan. Tempat wisata yang menyajikan panorama alam yang indah ini baru dibuka pada Januari 2016 lalu. Destinasi wisata ini kian ngehits seiring banyaknya wisatawan yang datang ke sini. Bukan hanya itu,  tempat wisata di Kuningan ini makin populer dengan banyaknya netizen yang mengunggah foto Bukit Panembongan yang menyebar secara viral di media sosial.

Memang, tempat wisata yang menyajikan keindahan alam sekarang ini sedang tren. Ini bisa melihat dengan semakin trending-nya tempat wisata alam di kota lain, seperti di Bandung ada The Lodge Maribaya atau keindahan hamparn perkebunan teh di Ciwidey dan Pangalengan.

Sementara, tipikal tempat wisata yang mirip dengan Bukit Panembongan ini ada pula di Majalengka, yakni Panyaweuyan Argapura. Wisata keindahan panaorama alam lain ada juga di Ciletuh Geopark Sukabumi. Sementara tempat lain di luar Jabar yang mirip Bukit Panembongan adalah Kalibiru di Kulon Progo, Jawa Tengah.

Untuk ke Bukit Panembongan bisa melalui jalan Desa Tembong sejauh 2 km. Anda bisa membawa kendaraan pribadi, dengan catatan kondisi kendaraan harus prima. Maklum saja rute yang harus dilalui kondisi jalannya menanjak plus banyak belokan. Namun, dengan kegigihan dan kesabaran, Anda akan disambut keindahan alam Bukit Panembongan.

Lokasi Favorit untuk Selfie
Untuk harga tiket masuk ke bukit Panembongang pun terbilang murah. Dengan hanya merogoh kocek Rp5.000 per orang, pengunjung bisa menikmati pemandangan sekaligus mengabadikan keindahan dengan kamera Anda. Di Bukit Panembongna pun tersedia area kemping, area sesi pemotretan prewedding, juga menjajal permainan flying fox.

Tempat wisata ini kini makin banyak dikunjungi, terutama pada akhir pekan dan pada musim liburan. Bukan hanya dari Kuningan, pengunjung pun banyak dari luar daerah Kuningan hingga dari mancanegara. Bukit Panembongan memang menyajikan tempat yang bisai dinikmati dengan santai dari angle yang berbeda dengan keadan hutan yang masih terawat dan dekat dengan mata air. Di Bukit Panembongan terdapat dua gardu pandang sederhana dari bambu, seperti di The Lodge Maribaya. Spot inilah yang menjadi lokasi favorit untuk selfie.

Rute ke Bukit Panembongan, Kuningan
Untuk menuju Bukit Panembongan, dari pusat kota Kuningan menuju ke Kecamatan Garawangi atau Jln. Raya Lengkong. Dari Kantor Kecamatan Garawangi lurus saja, sebelum bertemu Masjid Lengkong dari arah Kota Kuningan belok kanan. Ikuti jalan tersebut hingga melewati jembatan, lalu lurus sampai SDN Tembong. Di sana, ada perempatan dan lurus terus hingga sampai di loket Bukit Panembongan di Desa Tembong.

Nanti ada rambu sederhana petunjuk menuju Bukit Panembongan. Jalan awalnya lebar namun kemudian menyempit dengan kondisi banyak tanjakan. Inilah yang menjadi tantangan untuk sampai ke Bukit Panembongan. Waktu kunjungan biasanya dibatasi sampai pukul 5 sore.