Wisata Jabar

Objek Wisata Pemandian Air Panas Cileungsing, Buahdua, Sumedang





Tempat wisata pemandian air panas biasa kita kenal di daerah Ciater (Subang), Ciwidey, atau di Cipanas/Kawah Darajat (Garut). Namun, Sumedang pun mempunyai tempat wisata air panas di daerah Buahdua. Namanya pemandian air panas Cileungsing. Objek wisata pemandian air panas ini tepatnya berlokasi di Desa Cilangkap Kec. Buahdua, Kab. Sumedang. Lokasinya di Sumedang Utara yang berada di kaki gunung Tampomas.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Cileungsing
Kawasan di kaki Gunung Tampomas dari dulu memang dikenal adanya sumber air panas. Sekitar sepuluh titik ada sumber air panas di kawasan Cipanas Cileungsing Buahdua, dan Cipanas Conggeang. Untuk Cipanas Cileungsing sendiri debit airnya sekitar 50 liter per detik dan suhunya termasuk paling panas. Fasilitas yang ada di sini, di antaranya:

1. Pemandian umum air panas
2. Mandi di dalam ruangan/kamar
3. Kamar/rumah untuk pengobatan
4. Kolam renang
5. Cafe
6. Arena bermain anak
7. Tempat parkir yang luas

Tempat wisata yang kini dikelola secara baik ini menjadi magnet baru bagi wisatawan. Lokasinya pun mudah dijangkau dan tak jauh dari pusat kota Sumedang (sekitar 15 km). Di tengah kesejukan Gunung Tampomas, Anda bisa berwisata menikmati khasiat air panas untuk tubuh. Apalagi dengan tempat pemandian air panas yang beragam pilihan, dari pancuran, kolam renang, hingga bak mandi. Bagi yang ingin menginap pun di sini disediakan tempat penginapan.

Sementara sambil rehat sejenak bisa ngaso di saung-saung yang berdiri di atas kolam. Anda akan merasakan suasan pilemburan yang bikin betah liburan Anda. Sementara anak-anak bisa bermain air sepuasnya di kolam renang yang tersedia di Cipanas Cileungsing ini. Di sini pun ada mata air keramat Cileungsing dengan Juru Kunci bernama Abah Datim. Selain itu, bagi Anda yang punya penyakit kulit atau penyakit lain ingin pengobatan dengan air panas alami, cobalah untuk datang ke pemandian air panas Cileungsing Buahdua.

Rute ke Objek Wisata Pemandian Air Panas Cileungsing
Nah, jika Anda sedang berlibur bersama keluarga ke Sumedang bisa menjajal tempat wisata pemandian air panas Cileungsing ini. Untuk ke tempat ini, bila dari Bandung, keluar tol Cileunyi - Jatinangor - Tanjungsari - Sumedang-Cimalaka-Legok-belok kiri ke arah Conggeang-Buahdua. Sementara jika dari jalur timur, rutenya: Cirebon-Kadipaten-Paseh-Legok dan belok kanan yang ke Conggeang-Buahdua.