Wisata Jabar

Mudik ke Garut Lewat Jalur Cukang Monteng? Perhatikan Hal Berikut




Bagi Anda yang akan mudik ke Garut, kini jalur Cukang Monteng di Kecamatan Ibun sudah bisa dilalui. Jalur ini sebelumnya dikenal sabagai jalan alternatif. Namun sayangnya rute ke jalur Ibun - Kamojang memang dikenal sebagai jalur yang sangat menantang. Namun kini, Jalur Cukang Monteng yang telah rampung pengerjaannya siap dilalui walau dengan beberapa catatan. Jembatan dan jalan tersebut telah melewati uji kelaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Untuk penggunaan jalur mudik, sebaiknya lewat ke Cukang Monteng pada siang hari. Maklum saja, penerangan dan perlengkapan pengamanan di sini belum dipasang semua.

Untuk itu, sangat disarankan bagi yang ingin mudik lewat jalur selatan lebih baik lewat jalur biasa. Untuk jalur Cibiuk-Limbangan-Malangbong kondisi jalan sudah bagus. Sementara Jln. Kadungora-Leles pun sudah diperlebar dan jalur Tasik yakni Jln. Sudirman (Copong) ke Singaparna pun sudah dicor.  Pihak Polres Garut sendiri tidak merekomendasikan para pemudik untuk menggunakan jalur Kamojang. Hal ini disebabkan kondisi jalan yang menanjak dan belum tersedianya PJU bisa menjadi penyebab kecelakaan.Begitu pula untuk jalur Cijapati tidak jadi prioritas jalur alternatif. Dengan catatan, kedua jalur tersebut bisa untuk jalur mudik alternatif jika jalur biasa sudah sangat penuh.

Setelah Idul Fitri, pengerjaan fasilitas pendukung akan dipasang dan pada Idul Adha nanti jalur Kamojang ditargetkan 100 persen rampung. Jalan Cukang Monteng sendiri, dibangun dari APBD Kabupaten Bandung senilai Rp 79,5 miliar. Pembangunan jalan tersebut, untuk memperlancar akses ekonomi masyarakat di Kecamatan Ibun.

Sementara Kasatlantas Polres Bandung, AKP Rezkhy Satya mengatakan, untuk jalur mudik tahun ini tidak ada jalan alternatif, artinya harus lewat Nagreg. Kapolsek Ibun, Aiptu Asep Dedi mengatakan, walaupun kepolisian belum merekomendasi jalur Cukang monteng untuk jalur mudik, namun pihaknya tetap akan melakukan pengamanan dan kondisional.

Waspada Jalur Arah Garut - Bandung Lewat Cukang Monteng
Asep mengungkapkan, jalur Cukang Monteng memang cukup berbahaya bagi pengemudi khususnya dari arah Garut menuju Bandung. Kalau ada pemudik, nanti untuk pengendara dari arah Garut menuju Bandung, akan diarahkan menggunakan jalur lama. Kepada penggunaa kendaraan roda dua pun diimbau untuk sangat hati-hati jika lewat jalur ini.

Dalam satu bulan kemarin, tercatat akibat kecelakaan tunggal sudah empat orang meninggal dan semuanya dari arah Garut. Kecelakaan tunggal tersebut kebanyakan menggunakan roda dua jenis matic. Maka, bagi para pengguna kendaraan khususnya roda dua, disarankan agar sangat hati-hati. Jika memungkinkan lebih baik lewat jalur biasa ke Nagreg. Karena di jalur biasa ini sudah menjadi jalur mudik yang pengamanannya lebih ekstra.

Sementara jalur alternatif lain ke Garut bisa ditempuh dari Bandung - Ciwidey - Garut Selatan, yakni dari Kecamatan Rancabali ke Kecamatan Cidaun, Cianjur, pun sudah dalam kondisi baik. Sementara untuk jalan di jalur ini hanya sampai perbatasan Naringgul, batas Kabupaten Bandung dengan Cianjur selatan. Jalur mudik alternatif pun menuju arah Garut Selatan bisa melalui jalur Bandung - Pangalengan - Cukul - Cisewu - Rancabuaya.