Wisata Jabar

Es Ciming, Kuliner Legendaris Khas Purwakarta




Untuk urusan kuliner, es campur di kota mana pun kayaknya ada saja andalannya. Seperti halnya di Purwakarta, salah satu es campur yang menjadi favorit wisatawan adalah Es Ciming. Jika Anda sedang menuju jalur timur dari Jakarta, cobalah sekali-kali menyambangi wisata kuliner yang sudah terkenal di Purwakarta ini. Sekalian juga sambil menjajal aneka wisata kuliner lain yang bertebaran di Purwakarta.

Es campur ini diracik oleh sang perintis usaha yakni Ko Ciming, dimana usaha yang digeluti lelaki Tionghoa tersebut tetap laris manis sampai saat ini.  Es campur di sini dikenal dengan rasanya yang mantap plus menyediakan juga aneka kuliner lainnya dari batagor sampai pempek.

Tempat kuliner yang cocok buat minuman saat panas terik atau menjadi  ta'jil saat buka puasa selalu ramai pembeli. Maklum saja, selain rasanya enak, juga harganya yang sangat terjangkau. Hanya  Rp11.000 Anda sudah bisa menikmati es campur yang berlokasi di Pasar Jumat dan di Jln. Jenderal Soedirman no. 117 Purwakarta ini. Lokasinya persis di pinggir jalan. Warung es ini berada tidak jauh dari kantor bank BCA, di sisi jalan yang sama. Es Ciming pun sudah memiliki pengunjung tetap yang setia berkunjung ke sana terutama setiap musim liburan dan akhir pekan.

Es campur ini hanya ada di Purwakarta dan tidak buka cabang di tempat lain. Alasannya, agara resepnya tidak mau di ketahui orang lain atau memang agar es ciming memiliki ciri khas Purwakarta. Sajian Es Ciming dibuat dengan resep turun menurun. Es Ciming beda dengan adalah biasa dan termasik es encer namun rasanya campuran dari susu kental manis dengan sirup.

Sederhana Tapi Sangat Nikmat
Disajikan dalam mangkuk bulat berdiameter sekitar 12 cm dimana di dalamnya terdapat campuran cingcau hitam, serutan kelapa, dan kacang hijau. Es diberi sirup berwarna merah, taburan es serut yang cukup banyak dan susu kental manis secukupnya.

Es Ciming memang agak melabrak pakem racikan es campur kebanyakan.Campuran lainnya benar-benar khas. Misalnya, ia memasukkan unsur cendol buatan sendiri yang terbuat dari adonan hun kue kualitas super yang didatangkan dari Bandung.

Adapun selama Ramadan, Es Ciming biasa tersedia dalam kemasan bungkus plastik yang sudah dikeraskan di dalam lemari es. Hal ini supaya tidak cair saat dibawa pembeli yang rumahnya jauh. Meski sudah es dalam kemasan, soal rasa dijamin tak akan berubah. Sehari minimal disiapkan stok 120 bungkus yang dikemas dan 200 porsi lainnya biasa disajikan di kedai yang dibuka hingga pukul 21.00 tersebut.

Es Ciming
Jln. Jenderal Soedirman 117, Purwakarta
Telepon:
- 081315066885
- (0264) 200087
Harga masing-masing menu: Rp 11.000