Wisata Jabar

Cirebon Waterland, Tempat Wisata Terpadu Dekat Pantai




Masa libur Lebaran tahun ini, tempat ini dipastikan akan ramai oleh pengunjung. Bagi Anda yang akan berwisata bersama keluarga di Kota Udang, Cirebon Waterland bisa menjadi pilihan. Inilah wisata air paling ngehits di Cirebon. Dengan harga tiket masuk Rp50.000 dan weekend Rp65.000, pengunjung bisa bisa menikmati setiap wahana di Cirebon Waterland. Untuk saat ini harga tiket masuk itu flat untuk anak-anak hingga dewasa.

Tempat wisata ini berada di area Taman Ade Irma Suryani Nasution yang merupakan satu-satunya wahana rekreasi dan taman bermain di Kota Cirebon. Lokasinya dekat pantai di teluk Cirebon. Taman Ade Irma Suryani dulu pernah menjadi ikon kebanggaan masyarakat Cirebon.

Berdiri di area seluas 3 hektare, tempat ini merupkan aset milik Pemkot Kota Cirebon. Lokasinya berdekatan dengan Kantor Bank Indonesia cabang Cirebon. Grand Opening telah dilaksanakan pada awal Desember 2015 lalu. Kehadiran tempat ini diharapkan juga dapat menarik wisatawan dari luar daerah Cirebon.

Fasilitas di Cirebon Waterland
Fasilitas yang ada di sini di antaranya:
- Water adventure
- Sea View cottage
- Mini coaster
- Restoran
- Food court
- Playground, dsb.

Untuk wisata berenang tersedia waterboom, perahu bebek, kolam arus, air mancur, dan wahana wisata air lainnya. Cirebon Waterpark aneka kolam air yang tak jauh dari pintu masuk waterpark. yaitu waterboom khusus untuk anak-anak, kolam berarus untuk anak maupun dewasa dan kolam renang olimpic berkedalaman 1,5 meter bagi dewasa.

Adapun bagi anak-anak bisa bermain di area plyagrodun. Dimana taman ini dilengkapi dengan pasir putih layaknya di pantai. Wahana lain ada juga ayunan serta miniatur kapal yang terbuat dari kayu. Untuk naik ke kapal, pengunjung melalui tangga dan jembatan rintangan.

Sementara bagi yang ingin menginap, tersedia fasilitas penginapan cottage bagi pengunjung yang ingin bermalam di sana. Ada 40 cottage di pinggir pantai yang turut menunjang bagi pengunjung tempat wisata tersebut. Untuk biya sewa cottage di atas air laut tersebut per harinya mencapai Rp1 juta hingga Rp2,5 Juta. Untuk harga tiket masuk dan tarif penginapan bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute ke Cirebon Waterland
Pengguna mobil bisa melalui pintu gerbang Tol Palimanan Cirebon dan jika dari arah Jakarta bisa mengambil rute Jln. Panglima Soedirman atau Jln. Raya Aryawinangun-Palimanan. Sampai lokasi sekitar 35 menit. Jika dari arah Jawa Tengah bisa mengambil rute Jalan Pantura, Jarak tempuh lokasi Waterland dari perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat, Losari, sekitar 32 km (sekitar 40 menit perjalanan).

Cirebon Waterland
Jln. Ade Irma Suryani, Cirebon
Telepon: (0231) 8293194