Wisata Jabar

Cipanas Garut, Destinasi Wisata Favorit Saat Libur Lebaran





Objek wisata pemandian air panas di Garut ini diprediksi akan menyedot banyak pengunjung pada Lebaran tahun ini. Pada Lebaran tahun 2015 lalu, tempat wisata unggulan di Garut ini tumpah ruah oleh para pelancong yang kebanyakan keluarga. Tak heran libur Lebaran tahun kemarin, akses menuju kawasan wisata Cipanas macet panjang. Hal ini terlihat dari akses masuk Jln. Tarogong yang mengular berkilo-kilometer. Inilah yang sekarang akan diantisipasi oleh pihak kepolisian setempat.

Garut Sajikan Wisata Air Panas hingga Wisata Oleh-Oleh
Objek pemandian air panas di Cipanas, Tarogong, Garut diprediksi akan dipenuhi pengunjung beberapa hari setelah Idul Fitri. Kawasan wisata alam Cipanas memang menjadi magnet bagi pengunjung, baik warga Garut yang mudik maupun yang sengaja datang liburan.

Kebanyakan yang datang dari luar Garut. Magnet Cipanas sebagai tempat wisata karena banyaknya pilihan untuk menginap juga tempat wisata berenang. Untuk menginap, bukan hanya hotel berbintang yang jadi pilihan, juga penginapan-penginapan kelas melati pun biasa penuh di-booking.

Beberapa hotel dan penginapan di Cipanas memang menyajikan kenyamanan. Hotel atau penginapan biasa menyajikan fasilitas bak air panas di setiap kamar. Sementara jika pengunjung ingin berenang, terdapat beberapa piliha kolam air panas maupun waterboom.

Beberapa tempat menginap dan wisata di Cipanas Garut yang biasa jadi primadona, di antaranya: Sabda Alam Resort Hotel, Kampung Sumber Alam, Augusta Hotel, Tirta Alam, Tirta Merta, Hotel Tirtagangga, Danau Dariza, Banyu Alam Resort, dan lainnya.

Bukan hanya itu, saat berlibur ke Cipanas pengunjung pun biasa berkeliling ke tempat wisata lain. Jarak ke tempat wisata lain seperti wisata kuliner Pasar Ceplak di pusat kota Garut atau sentra belanja pakaian kulit di Sukaregang pun menjadi pilihan para wisatawan saat berkunjung ke Kota Intan ini.

Hal tersebut termasuk juga wisata belanja dimana Garut menyajikan wisata belanja oleh-oleh seperti dodol, wajit, cokelat, hingga suvenir khas Garut. Untuk lokasi belanja oleh-oleh pun tidak terlalu jauh Cipanas, salah satunya di sepanjang jalur Jln. Tarogong berjejer toko oleh-oleh.

Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Wisata Cipanas
Untuk itu, kawasan objek wisata pemandian air panas Cipanas, Kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut menjadi titik penting pengaturan lalu lintas oleh pihak Polres Garut. Pada libur Lebaran tahun ini, akses ke tempat wisata Pemandian Air Panas, Cipanas akan diberlakukan satu jalur.

"Untuk pengaturan lokasi wisata Cipanas, kami akan memberlakukan akses masuk satu jalur ke lokasi wisata tersebut. Hal ini berdasarkan pengalaman tahun lalu (2015-red), selalu terjadi kepadatan yang membuat kendaraan tak bergerak saat akan masuk atau keluar dari lokasi wisata tersebut. Sehingga kita berlakukan yang akan masuk melalui alun-alun kecamatan Tarogong," papar Kepala Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Garut, AKP Ardi Widodo.

Kendaaran ke Cipanas nantinya akan diarahkan ke jalan raya kecamatan lama. Sementara arah diatur dengan diarahkan ke jalur simpang pasawahan (RM Cibiuk). Alternatif lainnya, bila penumpukan kendaraan terjadi di Tarogong, kemungkinan dialihkan ke jalan baru. Jalur jalan baru tersebut yakni melalui Sigobing, keluar di pertigaan dekat kantor Telkom Garut dan untuk ke Cipanas lurus ke Alun-alun Tarogong.