Wisata Jabar

3 Wisata Air Terjun yang Paling Ngehits di Bandung Timur




Potensi objek wisata Bandung timur kini mulai jadi primadona. Salah satunya objek wisata alam berupa air terjun. Jika Anda senang touring berombongan pakai motor atau sambil olahraga ngagowes sepeda, beberapa tempat wisata curug berikut mungkin bisa jadi pilihan.

1. Wisata Curug Batu Templek
Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Curug yang berada di sebelah utara Lapas Sukamiskin ini ada di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Adanya curug ini sebenarnya dari area penambangan batu.

Rute ke Curug Batu Templek jika dari arah Tol Pasteur  terus ke jembatan layang Pasupati - Jalan Suci - Terminal Cicaheum dan dari arah Lapas Sukamiskin, Arcamanik, lalu masuk ke Jalan Pasir Impun (depan pangkalan ojek) seberang Lapas. Dari Jalan Pasir Impun, terus mengikuti jalan sampai ke atas (kira-kira 3 km) melewati Jalan Terusan Pasir Impun. Kemudian melewati Jalan Cisanggarung. Dari Cisanggarung ini lokasinya sudah dekat.

2. Curug Cinulang
Ini merupakan tempat wisata yang sudah lama dikenal sejak dulu. Tempat wisata ini bisa disambangi saat Anda lewat ke arah Garut. Lokasinta di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kab. Sumedang. Ini merupakan wisata favorit di paling timur Bandung.

Akses ke Curug Cinulang melalui jalur arah jalan ke Garut, tepatnya di Jalan Parakan Muncang, Cicalengka. Berjarak sekitar 38 km dari kota Bandung ke arah timur, Anda bisa melalui jalan tol Cipularangkeluar pintu tol Cileunyi. Ambil ke arah Jalan Bandung-Garut/Tasikmalaya. Sekitar kilometer 11, di daerah dekat jembatan ada papan petunjuk menuju ke lokasi wisata Curug Cinulang, (jembatan persimpangan Desa Cikopo).

Lalu, ambil kiri ke bawah jembatan, dari sini jarak ke lokasi Curug Cinulang sekitar 8 km dengan rute jalan menanjak dan berkelok-kelok. Anda akan sampai di daerah kampung Dampit, di sanalah lokasi wisata air terjun ini berada (dekat Pondok Wista Aki-Enin).

3. Curug Cilengkrang
Ini merupakan tempat wisata yang dikenal sebagai kawasan camping ground Bandung timur. Adalah kawasan hutan pinus Batu Kuda,  Bumi Perkemahan Oray Tapa, Bukit Palintang, dan Curug Cilengkrang yang merupakan masih satu area. Sementara di area ini pun ada Curug Cilengkrang, Desa Cilengkrang. Selain kawasannya yang sangat sejuk, di sini pun banyak tempat wisata alami lainnya.

Sungai Cihampelas merupakan tempat aliran ke Curug Cilengkrang. Selain Curug Cilengkrang, ada juga air terjuna lainnya:
- Curug Panganten yang menyerupai kursi pelaminan;
- Curug Papak dengan formasi batuan yang datar dimana permukaannya rata;
- Curug Batu Peti di samping curug ini terdapat bongkahan lava yang mana dua sisinya rata menyerupai peti yang tertutup;

Air terjun lainnya ada Curug Kacapi, Curug Dampit dan Curug Leknan. Untuk askses ke daerah ini tidak terlalu sulit, bisa dari dari arah Ujungberung, Cilengkrang bawah, Cibiru, ataupun dari Cileunyi.