Wisata Jabar

Menikmati Kesegaran Alam di Curug Bandung, Karawang




Potensi wisata alam di Karawang tak kalah dengan daerah lainnya. Salah satunya curug Bandung yang berada sejalur dengan tempat wisata lain di kaki Gunung Sanggabuana, yakni Kampung Wisata Cigentis, Curug Cigentis, Batu Tumpang, Curug Peuteuy, Curug Cipanundaan, dan Curug Cikarapyak. Terletak di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter ini menyajikan pesona alam luar biasa.

Ciri khas batuan yang ada di air terjun ini menjadi daya tarik tersendiri. Karena bentuknya umpakan, pengunjung bisa berfoto sambil duduk di batu. Curug ini sekarang makin ngehits di kalangan wisatawan lokal. Tak sedikit mereka yang datang untuk sekadar selfie dan menikmati aliran air yang terbilang jernih

Kawasan curug dan fasilitasnya pun kini terus dibenahi. Adapun tiket masuk sebesar Rp. 5000 per orang dan tiket masuk kawasan wisata Rp 5000 untuk kendaraan roda dua. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu. Curug Bandung, curug yang paling tinggi dari kelima curug lainnya.

Di Curug Bandung pengunjung biasa berendam menikmati kesegaran airnya. Kedalamannya hanya 1.5 meter. Aliran airnya itu jatuh di antara bebatuan. Bagi pelancong tidak perlu repot membawa makanan karena di area Curug Bandung sudah terdapat banyak warung.

Rute ke Curug Bandung, Karawang
Berjarak 43 km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang.  Rute  dapat ditempuh melalui Karawang-Loji sekitar 30 km, lalu Loji - Jayanti sekitar 10 km. Sesampainya di pasar Loji, belok ke kanan ke arah Cigentis, ikuti saja jalurnya sekitar 15 menit (3 km) nanti akan bertemu dengan pos masuk Gunung Sanggabuana.

Jalan terus ke depan ikuti saja jalurnya, melewati Kampung Wisata terus naik ke atas, akan ada plang yang menunjukkan arah ke Curug Bandung dan Curug Cigentis. Plang tersebut tepat persis di depan gerbang masuk Kawasan Wisata Curug Bandung dan Batu Tumpang. Belok ke kiri saja dan masuk ke dalam gerbang. Kondisi jalan dari Karawang hingga Jayanti sudah beraspal dan dapat dilalui kendaraan roda empat. Sepanjang perjalanan disuguhkan pemandangan yang indah yaitu hamparan sawah yang dikelilingi bukit.

Akses
Menggunakan kendaraan pribadi:
- Lewat Tol Jakarta Cikampek, keluar di Pintul Tol Karawang Barat
- Belok kiri setelah melewati jembatan, lanjut arah sebaliknya sampai pertigaan
- Belok kanan ke Jalan Pasir Jati menyusur Saluran Irigasi Tarum Barat sejauh 4,2 km
- Belok kiri di perempatan, dan ikuti jalan sampai ke Pasar Loji, lalu belok kanan menuju Dusun Jayanti

Menggunakan sepeda Motor:
- Lewat Cububur, lanjut Cileungsi, melewati Taman Wisata Mekarsari, lanjut arah ke Cariu
- Di perempatan Cariu belok ke kiri, lanjut sampai Pasar Loji
- Di Pasar Loji belok ke kiri, ikuti jalan sampai Dusun Jayanti.

Menggunakan kendaraan umum:
Anda bisa menggunakan bus Agra Mas atau bus Warga Baru dari Terminal Kampung Rambutan / Tanjung Priok ke Karawang. Lalu, turun di daerah Badami (500 m setelah keluar pintu tol Karawang Barat), lanjut naik Elf ke Pasar Loji. Dari Pasar Loji lanjut dengan ojek ke Dusun Jayanti.