Wisata Jabar

Green Canyon Karawang Potensi Wisata Unggulan Jawa Barat




Ngarai hijau alias Green Canyon di ujung selatan Karawang ini jika dikelola lebih serius bukan tak mungkin bisa menyaingi "saudaranya" Cukang Taneuh di Pangandaran. Namun sekarang, tempat wisata yang dikenal dengan Curug Ciomas ini banyak dikunjungi para wisatawan. Apalagi jika akhir pekan dan musim liburan. Pesona keindahan dan keasrian alam menjadi alasan utama pelancong berdatangan ke sini. Ditambah lagi akses dari Jabodetabek pun terbilang dekat.

Dengan rentang sekira 100 meter dengan tebing-tebing hijau setinggi kurang lebih 10 meter, objek wisata alam ini indah dan sejuk Suasana alami masih terasa di Green Canyon versi Karawang ini. Pengunjung akan dimanjakan dengan hijaunya air nan jernih dan rimbunan pohon di sekitar lokasi wisata. Akar-akar dari pohon di lokasi pun terlihat menjulur dan kadang jadi spot selfie para wisatawan yang melancong ke tempat ini.

Tempat ini sebetulnya sudah lama, hanya menjadi destinasi wisata warga setempat saja. Sekarang-sekarang mulai banyak datang dari luar wilayah sini. Hal ini seiring juga dengan trennya kebiasaan selfie di tempat wisata. Tak terkecuali tempat ini pun jadi area swafoto yang diunggah ke media sosial.

Green Canyon Karawang berlokasi di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang. Area tempat wisata nan alami ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor. Dua wilayah ini hanya dipisahkan oleh jembatan.

Untuk mencapai lokasi sendiri, dari pusat kota Karawang, perjalanan bisa ditempuh dengan waktu lebih kurang dua jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Selanjutnya, akses ke Green Canyon Karawang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Adapun dari Dusun Cipaga, jarak tempuh waktu sekitar 1 jam menuju lokasi wisata ini.

Saat berada di lokasi, pengunjung bisa sepuasanya menikmati aliran air dengan menyusuri Green Canyon Karawang ini hingga ke ujung. Untuk menyusurinya, tidak ada perahu yang disiapkan. Untuk menyusuri, pengunjung hanya bisa berjalan atau berenang. Di sini pun ada penyewaan jaket parasut dan ban dengan harga yang terjangkau. Melompat ke air pun dapat Anda coba. Di ujung Green Canyon mini ini, pengujung bisa menikmati air terjun setinggi sekitar 7.

Rute ke Green Canyon, Karawang
Sayangnya, untuk ke tempat ini masih terbilang mini petunjuk. Jadi, para pengunjung masih harus ekstra keras untuk bisa ke lokasi. Salah satunya dengan menggunakan GPS canggih ataupun GPS manual alias Gunakan Penduduk Sekitar. Ya, dengan bertanya pada penduduk sekitar, petunjuk perjalanan Anda akan lebih sedikit mudah.

Selain itu, meskipun jalan sudah dibeton, pengunjung yang akan menuju ke lokasi diharapkan berhati-hati sebab jalan menuju ke lokasi sangat sempit. Hanya cukup untuk satu kendaraan mobil. Selain itu, tak ada pintu masuk secara khusus ke Green Canyon Karawang ini. Hanya ada dua kios warung milik warga sekitar yang menjadi penyambut pengunjung yang mendatangi lokasi Green Canyon Karawang ini.

Destinasi wisata ini hanya 45 menit dari pusat kota Karawang. Pengunjung seterusanya bisa sampai di Green Canyon (Curug Taneuh) Karawang.  Dari pusat kota Karawang dengan arah tol Karawang Barat, kurang dari satu kilometer sebelum masuk gerbang tol, kendaraan mengambil arah kiri untuk berbelok ke kanan melewati kolong jembatan layang menuju  Daerah Badami lanjut ke Loji.

Beberapa puluh meter sebelum sampai ke Pasar Loji, arah kendaraan belok ke kanan terus menelusuri jalan beton yang sesekali ditemukan jalan berbatu. Anda bisa bertanya pada masyarakat sekitar petunjuk lokasi yang dicari, yakni Curug Ciomas.

Ciri pintu masuk ke titik lokasi hanya ada dua warung bambu yang berdampingan dengan jembatan. Anda bisa menikmati makanan seadanya di warung ini dengan harga murah meriah. Selanjutnya, Anda bsia melintasi jalan setapak kira-kira sepanjang 20 meter menuju Green Canyon Karawang. Namun, perjalanan harus ektra hati-hati melintasi jalan setapak dengan paduan tebing curam.

Green Canyon (Curug Ciomas)
Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari
Kecamatan Pangkalan,  Karawang, Jawa Barat
[lihat peta lokasi]