Wisata Jabar

Curug Cikondang, Wisata Air Terjun Eksotis yang Menunggu Sentuhan





Saat berkunjung ke wisata air terjun di Cianjur ini, Anda akan disambut air mengalir begitu deras, terjun dari mulut curug. Lebar aliran air sekitar 30 meter mengesankan curug ini seperti Niagara mini. Sementara luncuran air sekitar 50 meter dari atas. Apalagi saat musim penghujan, jatuhan debit air menimbulkan suara khas air terjun yang bergemuruh. Di lokasi air terjun ini, tak sedikit wisatawan yang berenang atau berselfie ria dengan latar jatuhan air terjun yang masih asri.

Namun, inlah potensi wisata di Cianjur yang masih perlu dipoles terutama oleh pihak pemerintah setempat. Di kawasan air terjun ini  masih terdapat penambangan emas tradisional.  Di tempat ini pun fasilitasnya belum begitu mendukung untuk sebuah kawasan objek wisata ideal. Hal ini terutama akses dan fasilitas yang ada di sekitar curug.

Curug Cikondang terletak diantara hamparan kebun teh PTP VIII Panyairan dan terasering sawah yang menghijau. Aliran air di Curug Cikondang berasal dari tumpahan sungai yang jatuh melalui tebing besar. Penamaan "Cikondang" sendiri berasal dari nama pohon kondang (sejenis pohon loa/ficus subracemosa blume). Pohon ini bisa tumbuh setinggi 40 meter dan diameter 1,75 meter. Ditemukan di hutan-hutan Asia Tenggara, biasanya di Jawa tumbuh di ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut.

Curug ini berjarak sekitar 37 kilometer arah tenggara dari pusat kota Cianjur. Untuk ke curug ini bisa ditempuh dua jalur ydari pusat kota Cianjur, yakni dari jalan raya Cianjur-Sukabumi belok kiri ke Jalan Cilaku, lanjut Cibeber. Sedangkan jalur lainnya melalui jalur Warung Kondang dan Lampegan.  Jalur pertama melewati Cilaku dan Cibeber biasa menjadi pilihan pengujung. Rutenya lebih dekat dari pusat kota Cianjur, dan jalan yang lumayan bagus untuk dilalui. Sebagai tips, sebelum ke curug alangkah baiknya jika Anda membeli perbekalan makanan terlebih dahulu.

Lokasi Curug Dekat Situs Gunung Padang
Letak air terjun ini masih satu kecamatan dengan kawasan Situs Gunung Padang, untuk pengunjung biasa jadi serangkaian perjalanan dari situs Gunung Padang. Adapun jarak dari situs Gunung Padang ke Curug Cikondang kurang lebih 7 km. Saat ke arah Gunung Padang, ada papan penunjuk Situs Gunung Padang 3 km, dan jika belok ke kanan ada SDN Pal Dua, lalu ikuti jalan hingga sampai di Curug Cikondang.

Untuk area parkir biasanya di halaman perumahan penduduk. Dari tempat parkir atau jalan Desa Sukadana, pengunjung harus melewati jalan setapak di pinggiran perkebunan teh PTPN VIII Panyairan. Tak jauh dari gerbang, ada loket masuk Curug Cikondang. Setiap pengunjung cukup membayar Rp 5.000. Dari tempat loket, pengunjung melanjutkan perjalanan kembali hingga sampai di sebuah tikungan. Perjalanan ke curug sekitar 1 km menuruni persawahan dan perkebunan teh.  Tak lama kemudian, kita akan melihat sungai dan yang merupakan puncak air terjun Cikondang.