Wisata Jabar

Pesona Curug Cigandi di Kaki Gunung Cikuray




Tak salah jika Garut mendapat julukan "Swiss van Java". Keindahan alam pegunungan yang ada di Garut menjadi magnet pariwisata daerah tersebut. Sebagian besar potensi wisata Garut memang berkaitan dengan gunung. Misalnya, di kaki Gunung Guntur ada objek wisata Cipanas yang sudah termasyur sejak dulu. Bahkan, Presiden RI pertama, Soekarno, kerap menjadikan Cipanas sebagai tempat istirahatnya. Begitu pula objek wisata Kamojang atau Kampung Sampireun yang juga ada di pegunungan. Belum lagi wisata air terjun yang banyak tersebar di beberapa kaki gunung di daerah Garut.

Kini yang sedang menjadi trending bagi para pelancong, khususnya backpacker, adalah objek wisata Curug Cigandi di  daerah Kec. Bayongbong, Garut. Curug ini kini kerap didatangi para wisatawan luar Garut yang senang jarambah alias bertualang di alam. Namun sayangnya, objek wisata ini belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah daerah setempat. Inilah yang menjadi "penyakit" urusan wisata di daerah manapun. Padahal, akses penyebaran informasi melalui internet begitu cepat namun pihak setempat seakan selalu gagap alias kurang lincah dalam menangkap peluang potensi di wilayahnya.

Namun lepas dari itu semua, bagi para petualang sejati itu tak menjadi halangan. Ya, walaupun untuk ke Curug Cigandi harus rela menjelajah trek atau hiking, tempat ini menyajikan pesona keindahan tiada duanya. Curug ini berada di kaki Gunung Cikuray. Gunung tersebut mempunyai ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung.

Sementara Curug Cigandi berlokasi sekira 3 kilometer di atas Kampung Ciseupan, kaki Gunung Cikuray Garut. Untuk menuju tempat ini bisa dari Kampung Ciseupan. Di sini, kendaraan bisa diparkir di rest point karena jalan ke air terjun merupakan jalan setapak. Selanjutnya, pengunjung bisa treking dengan menapaki jalan setapak melewati kebun-kebun warga yang bertani di sekitar perjalanan menuju Curug Cigandi. Selama perjalanan, pemandangan indah khas pegunungan akan menyapa Anda. Jika Anda ingin rehats sejenak, bisa numpang di saung-saung yang ada di area perkebunan penduduk.

Perjalanan tidak akan terasa dan Anda akan sampai ke Curug Cigandi. Curug Cigandi memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter. Air yang mengalir deras dari atas terlihat bening asli karena bersumber dari mata air pegunungan yang masih alami. Ada baiknya, sebelum melakukan perjalanan ke Curug Cigandi agar bawa perbekalan makanan.