Wisata Jabar

Peserta Jelajah Wisata Jawa Barat Bersama Smartfren Nikmati Pesona Waduk Jangari





Peserta Jelajah Wisata Jawa Barat Bersama Smartfren 4G LTE edisi rute perjalanan jilid II ini berangkat pada Sabtu, 23 April 2016. Kali ini, pemberangkatan agak spesial. Sebelum berangkat ke Cianjur dan Sukabumi, rombongan diterima di Gedung Pakuan dan langsung di jamu sarapan pagi oleh Ibu Netty Heryawan. Di gedung tempat kediamana Gubernur Jawa Barat ini pula, rombongan menyantap sarapan  sebelum diadakan pelepasan peserta jelajah

"Saya memberikan support dengan acara jelajah wisata ini, karena cocok untuk mempromosikan wisata yang ada di Jawa Barat. Saya pun mengharap para peserta untuk mengungkap sejarah Gedung Pakuan ini. Begitu pula selalu mendukung Jawa Barat yang tengah menyiapkan sebagai tuan rumah untuk PON/Peparnas Jabar," ujar Netty Heryawan dalam sambutannya sekaligus menyerahkan boneka maskot PON berupa karakter kera surili kepada perwakilan peserta.

Istri orang nomor satu di Jawa Barat itu pun mengungkapkan mengupayakan nantinya untuk ikut serta dalam Jelajah Wisata Jawa barat rute IV, yakni ke Pangandaran. Selanjutnya sekitar pukul 9 pagi, rombongan jelajah berangkat dari Gedung Pakuan menuju Cianjur. Destinasi wisata kali ini menuju Waduk Jangari. Selama perjalanan ke waduk yang terletak di Desa Sindangraja, Kecamatan Sukaluyu, Cianjur ini pun terbilang lancar.

Setiba di Waduk Jangari, rombongan peserta menaiki perahu dengan menggunakan satu perahu. Setelah naik perahu, peserta tiba di tengah danau dan singgah di rumah makan terapung "Tumaritis". Di sini, peserta disediakan menu makanan ikan goreng dan ikan bakar, karedok, tumis kangkung, sambal, dan lalapan. Selain makan, di sini pun para peserta bisa beristirahat dan menjalankan shalat dzuhur.

Waduk Jangari, Wisata Kuliner Ikan
Terletak di Cianjur, waduk ini lebih dikenal sebagai tempat pembesaran ikan air tawar, salah satunya ikan mas. Ikan yang dipelihara di waduk ini memiliki kelebihan tersendiri, selain ikannya cepat besar, dagingnya juga tidak berbau lumpur. Bagi Anda yang ingin ke tempat ini, dari Jakarta bisa melalui jalan Tol Purbaleunyi. Selepas pintu Tol Padalarang mengambil arah ke Cianjur. Lalu menuju kota Ciranjang. diteruskan ke Waduk Jangari. Setiba di waduk, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu untuk ke area keramba.

Di tengah waduk, pemandangan keramba terapung milik petani bertebaran di mana - mana. Selain ikan mas, para pengelola biasa memelihara ikan hampala, ikan toman, ikan gabus, ikan patin, ikan bawal, ikan jambal, dan ikan mujair.

Untuk fasilitas di waduk ini pun terdapat halaman parkir yang cukup luas.  Ada pula rumah-rumah makan dan bagi yang bermalam tersedia tempat penginapan di tengah-tengah waduk dan dikelilingi keramba. Di sini pun kerap menggelar atraksi kesenian tradisional dan modern seperti jaipong atau musik dangdut setiap musim liburan.

Namun andalan wisata di sini adalah kuliner berbahan ikan segar langsung dari keramba. Bagi pengunjung yang ingin coba mengambil sendiri, bisa juga. Salah satunya dengan cara memancingnya. Ikan diolah langsung dan kita bisa menikmatinya sambil balakecrakan alias makan bareng-bareng. Namun, berkeliling danau dengan menggunakan perahu warga merupakan sensasi tersendiri.

Puas dari wisata Waduk Jangari, rombongan peserta Jelajah Wisata Jawa Barat Bersama Smartfren 4G LTE, destinasi wisata selanjutnya adalah pantai nan eksotis di selatan Sukabumi, Pantai Pelabuhan Ratu.