Wisata Jabar

Keindahan Tempat Wisata Alam Talaga Remis di Kuningan





Kawasan wisata alam ini terletak di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Telaga Remis yang diambil dari dua kata talaga = danau, dan remis = sejenis kerang (di Sunda biasa disebut juga haremis). Akses menuju tempat ini kurang lebih 37 km (sekira 1 jam) dari pusat Kota Kuningan. Keseluruhan kawasan Talaga Remis luasnya sekitar 13 hektare. Sedangkan luas danaunya sendiri sekitar 3,25 hektar. Kedalaman Talaga Remis sendiri sekitar 12 meter.

Tempat wisata ini sudah dikenal sejak dulu. Sajian nan asri dengan udara yang sejuk membuat Telaga Remis menjadi tempat wisata favorit bagi yang sedang melancong ke Kuningan. Selain bisa menikmati keindahan telaga, pengunjung pun bisa mencoba wahana sepeda air berkeliling danau. Bagi yang menyukai aktivitas berjalan kaki, bisa mencoba jalur khusus untuk pejalan kaki yang dibuat untuk berkeliling di sekitar Talaga Remis.

Senang memancing? Anda bisa juga mencoba memancing ikan mas atau ikan mujair di talaga ini. Di Talaga Remis ada aneka ikan yang bisa dibawa pulang hasil memancing. Ikan seperti mujair dan ikan mas menjadi ikan yang dominan di sini. Fasilitas wisata lainnya di telaga ini ada perahu motor, saung-saung, pondok kerja, shelter, tempat sampah, bangku, MCK, musholla, hingga warung-warung tempat bersantai dan menikmati jajanan. Untuk menginap, salah satunya bisa di Talaga Remis Park and Resort.

Sebenarnya, di kawasan Talaga Remis masih ada delapan telaga yang juga tidak kalah indahnya: Talaga Deleg, Talaga Tespong, Talaga Leat, Talaga Leutik, Situ Ayu Salintang, Sumur Jalatunda, Talaga Buruy, dan Talaga Nilem.

Akses Menuju Talaga Remis
Lokasi Talaga reumis terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Jarak Talaga Remis - pusat Kota Kuningan adalah 37 km. Jika dari Cirebon sekitar 13 km, tempat wisata ini berbatasan dengan Kabupaten Cirebon tepatnya dengan Desa Cikalahang.

Jika Anda dari Jakarta, bisa menggunakan bus atau kereta api. Bagi pengguna angkutan umum dapat menggunakan bus jurusan Jakarta - Cirebon turun di depan Pasar Cilimus. Dari sana dilanjutkan menggunakan angkutan umum menuju Mandirancan lalu Pasawahan. Perjalaan dilanjutkan ke lokasi wisata Talaga Remis. Jika menggunakan kereta api, naik KA jurusan Jakarta - Cirebon menuju Stasiun Kejaksan Cirebon. Dari Cirebon bisa menggunakan jasa travel.