Wisata Jabar

Kampung Empang, Wisata Kuliner Ala Pilemburan di Purwakarta




Ditandai dengan peresmian Resto dan Cafe Kampung Empang di Jalan Pramuka No 9 Desa Bunder, Kec Jatiluhur oleh Bupati Dedi Mulyadi, Purwakarta siap lebih menggenjot potensi wisata kuliner. Adapun waktu tempuh ke rumah makan ini tak lebih 5 menit dari gerbang jalan tol Jatiluhur. Dengan upaya pemerintah Purwakarta menyokong wisata kuliner, kota di Jawa Barat dengan salah satu unggulan wisata kuliner pun bertambah. Maklum saja, selama ini Bandung dan Bogor dianggap sebagai sentra wisata kuliner di Jawa Barat.

Kampung Empang yang baru diresmikan tersebut siap menjadi salah satu spot wisata kuliner di Purwakarta. Selama ini, Purwakarta telah miliki kuliner khas seperti Sate Maranggi, salah satunya di Cibungur. Lokasi strategis wisata kuliner Kampung Empang yang merupakan jalur ke Jatiluhur diproyeksikan akan menjadi tujuan wisata kuliner baru. Di Kampung Empang sendiri tersedia anek kuliner khas Pu

Suasana Khas Pilemburan
Pihak Kampung Empang sendir sengaja menciptakan nuansa natural dengan latar belakang tempat makan di atas air terapung (empang) untuk memanjakan mata penyantap kuliner sehingga fresh, asri dan nyaman. Sajian makanan yang ada di sini menghadirkan nuansa tradisional. Sambil menikmati santaran, pengunjung bisa sambil memandang area pesawahan dengan tempat makan bambu di atas empang. Di saung, pengunjung pun bisa memandangi sekelompok ikan yang berenang di bawah bunga teratai.

Kuliner Kampung Empang hampir 80 persen menyajikan aneka makanan Sunda dan 20 persen chinese food dan western food. Menu andalan di sini ada aneka pepes, sate maranggi, gurame dan ayam bakar, nasi liwet serta aneka makanan Sunda lainnya.  Berlatarbelakang areal persawahan, rumah makan di atas tanah seluas 1 hektare ini menjadi destinasi yang tepat bagi para pemburu kuliner di Purwakarta. Motto rumah makan ini sendiri motto "Lebih 5: lebih murah, enak, nyaman, lengkap, dan lebih cepat".

Nasi Liwet
Menu andalan di sini adalah nasi liwet yang ditanak secara mendadak.  Sementara menu lain yang menjadi unggulan adalah jus khas Kampung Empang, Es Klasi (kelapa isi), dan  ayam bakakak kecap. Untuk urusan tempat pengolahan makanan pun sangat diperhatikan. Dapurnya bersih dan higienis Bahkan, pihak pengelola pun memperbolehkan jika ada pengunjung yang ingin melihat dapur rumah makan ini.

Rumah Makan Kampung Empang
Jln. Pramuka No. 19, Jatiluhur, Purwakarta
(Di dalam lokasi SPBU 34 411 16)
Telepon: (0264) 203555
Mobile: 08111222111