Wisata Jabar

Inilah Objek Wisata Air Terjun yang Sedang Ngehits di Subang




Berikut ini beberapa objek wisata air terjun di Subang yang direkomendasikan untuk dikunjungi:

1. Curug Bentang
Inilah wisata air terjun yang masih menyimpan mitos setempat. Di area curug terdapat situs keramat makam Aki Leutik (Raden Ismail Saleh), makam Prabu Jaya Tumenggung, dan makam Eyang Haji Pungkur (Haji Singadiraksa). Di kawasan ini pula setiap tahunnya rutin digelar upacara adat ruwatan bumi.

Curug ini berlokasi di Kampung Adat Banceuy, Desa Wisata Wangun Harja, Kecamataan Ciater. Karakteristik air terjun ada aliran sungai besar yang membelah desa tersebut. Di sini, ada dua curug yang terlihat bertingkat jika dilihat dari atas sungai tersebut.

2. Curug Cibareubeuy
Curug ini berada di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater. Bagi Anda yang ingin ke objek wisata air terjun ini, dari Ciater ambil jalur ke Desa Cibeusi (sekitar 3 km dari jalan raya). Kemudian dari Desa Cibeusi anda harus menyusuri jalan setapak sekitar 2 km.
Ketinggian air sekitar 40 m dengan bagian bawah biasa dipakai untuk berenang. Saung-saung di sekitar curug biasa menjadi tempat istirgat. Sama seperti Curug Bentang, di sini terdapat situs purbakala. Bagi yang senang berkemah, di sini ada juga camping groun.  Bagi yang ingin membawa oleh-oleh, di sini dikenal dengan sentra produksi gula aren.

3. Curug Cileat
Air terjun ini berada di Desa Mayang, Kecamatan Cisalak. Dari Jalan Raya Cagak -  Cisalak arahkan kendaraan anda menuju kampung Cibago, desa Mayang. Di kampung Cibago inilah anda harus memarkir kendaraan sebelum berjalan kaki menuju curug.

Air terjun tertinggi di Kabupaten Subang (150 m) dan debit airnya sangat deras. Perlu perjuangan tersendiri saat akan berkunjung ke tempat ini, akses jalannya lumayan menantang. Pengunjung harus  nelewati jalan setapak yang menanjak s(sekira 5 km) dengan melewati pesawahan dan hutan.

4. Curug Karembong
Kawasan Capolaga hanya berjarak sekitar 2 km dari kawasan wisata Sari Ater, sehingga bisa menjadi tujuan wisata alternatif ketika anda berwisata ke Ciater. Dari gerbang wisata Sari Ater arahkan kendaraan Anda menuju kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Salagalaherang. 10 menit kemudian anda akan tiba di Capolaga. Curug lainnya yang ada di sini: Curug Cimuja,  Curug Goa Badak, dan Curug Sadim.

5. Curug Cijalu
Kawasan wana wisata Curug Cijalu  berada di Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang. Menuju lokasi bisa melalui rute Wanayasa - Jalan Cagak hingga menemukan gerbang Kawasan Wisata Cijalu (daerah Serang Panjang). Perjalanan berikutnya menyusuri jalan desa (lebih kurang 3 Km).
Dengan ketinggian sekitar 70 meter, curug ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Subang. Tumpahan airnya mengalir deras membelah bukit di kawasan gunung Burangrang jatuh ke kolam yang berada di dasar curug. Para wisatawan biasanya berenang di kolam yang ada di jatuhan curug.

Dari air terjun ini pun, kita bisa menyambangi Curug Putri dan Curug Cilemper. Curug Putri berada 100 meter dari curug Cijalu sedangkan curug Cilemper berada sekitar 500 meter dari curug Cijalu. Curug Cilemper lebih tinggi dari urug Cijalu yaitu sekitar 100 meter, debit airnya pun lebih besar.