Wisata Jabar

Info Lokasi, Rute, Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Kontak, dan Jam Operasional Dusun Bambu




Berfoto di depan danau dengan latar penginapan dari kayu dan perahu-perahu, itulah foto selfie paling ngehits di antara netizen di Dusun Bambu. Tempat wisata nan alami ini memang menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke daerah Lembang. Tempat ini memang menyajikan objek wisata alami khas Lembang. Bagi para "aktivis" media sosial, Dusun Bambu menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi untuk unggah foto di medsos. Tak heran, lokasi wisata ini menjadi target kunjungan para wisatawan dari Bandung, Jabotabek, hingga laur Jawa Barat sampai wisatawan mancanegara.

Terletak di Jln. Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Kab. Bandung Barat. Pengunjung bisa menemukan area-area seperti Kampung Layung yang merupakan tempat penginapan berupa cottage bernuansa kayu. Ada pula Lutung Kasarung yang berupa kafe berdesain unik seolah bergelantungan di antara pepohonan. Sementara jika ingin bersantap, ada Burangrang yang merupakan restoran keluarga dengan suguhan hidangan Indonesia.

Objek wisata alam di kaki Gunung Burangrang Cisarua Lembang ini menyajikan area wisata yang dilengkapi dengan restoran, villa, dan fasilitas lainnya seperti Pasar Khatulistiwa dan Tegal Pangulinan. Di sini pun ada pasar tradisional dengan konsep swalayan. Di pasar ini tersedia beraneka ragam produk makanan khas tradisional hingga produk souvenir.

Jika ingin menginap, ada villa Kampung layung dengan model bangunan khas pedesaan. Bangunan dominan memakai bahan dari bambu dengan desain serta layaknya bangunan di suasana alam pedesaan yang berhawa sejuk. Bagi yang ingin menginap di alam terbuka, bisa mencoba Eagle Camping Ground dengan adanya tenda-tenda yang di dalamnya ada sleeping bag dengan kapasitas 6 orang. Di tempat kemping ini  tersedia fasilitas kamar mandi masing-masing. Dengan harga sewa mencapai 1,4 juta, Anda bisa berkemping ria ramai-ramai bersama keluarga atau teman-teman.

Sementara area Purbasari menyuguhkan hidangan tradisional Sunda dengan konsep lesehan di gazebo-gazebo bambu di tepi danau. Salah satu spot menarik yang menyajikan pemandangan indah untuk berfoto yakni di depan danau. Di lokasi ini ada juga area jogging dan bersepeda di alam terbuka.

Rute Menuju Dusun Bambu

1. Lewat Kota Bandung
Dari depan Terminal Ledeng, belok kiri ke Jln. Sersan Bajuri. Ikuti jalan itu terus sampai melewati (Jln. Kol. Masturi ke arah Villa Istana Bunga. Sepanjang jalan ada papan petunjuk ke Dusun Bambu. Lanjut terus ke Kampus Universitas Advent. Ikuti jalan, kemudian belok kanan ke arah Curug Cimahi (masih tetap Jln. Kol. Masturi). Dari Curug Cimahi kira-kira 300 meter di sebelah kanan jalan ada jalan masuk dengan gapura bertuliskan “komando”, masuk ke jalan itu kira-kira 500 meter sampai di gerbang masuk Dusun Bambu.

2. Jalur Alternatif lewat Cimahi
Hanya ada satu jalan dari Cimahi menuju kota Bandung, lewat Jalan Jenderal Soedirman lurus terus ke arah barat sampai ke Alun-alun Kota Cimahi. Di sebelah Alun-alun, ada Jln. Kol. Masturi, belok di situ, lurus ikuti jalan Kolonel Masturi yang menanjak kira-kira 11 km ke arah Curug Cimahi. Dari Curug Cimahi kira-kira 300 meter di samping kanan jalan ada jalan masuk dengan gapura bertuliskan “Komando”, masuk ke jalan itu kira-kira 500 meter sampai di gerbang masuk Dusun Bambu. Sepanjang Jln. Kol. Masturi bakal ditemui beberapa papan penunjuk arah Dusun Bambu.

Di lokasi Dusun Bambu terdapat 2 area parkir utama. Jika gerbang parkir satu sudah penuh, pengunjung biasa diarahkan untuk masuk melalui gerbang parkir dua yang ada di sebelah atas. Dari lokasi gerbang parkir dua ini, pengunjung akan diantarkan dengan mobil ontang-anting ke tempat pembelian tiket. Tiket masuk Rp. 15.000 / orang (harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah). Jika datang berombongan atau Anda ingin booking, silakan hubungi kontak di bawah ini.

Dusun Bambu
Jl. Kol. Masturi KM 11, Cisarua
Kabupaten Bandung Barat

Jam operasional Dusun Bambu:
Senin – Minggu, mulai pukul 08.00

Kontak Dusun Bambu:
Telepon:  022 - 82782020
Faximile: 022 - 82782014
Mobile:  0857 - 2125 - 4446
BBM: 572624A0

Tiket Masuk Dusun Bambu:
- Tiket masuk Dusun Bambu Leisure Park Rp.15.000/orang (gratis anak < 3 tahun)
- Parkir kendaraan roda empat Rp.10.000
- Parkir kendaraan roda dua Rp.5.000