Wisata Jabar

Curug Cimarinjung, Destinasi Wisata Para Petualang Sejati





Untuk ke tempat ini, siapkan fisik dan mental karena jaraknya lumayan jauh dan aksesnya yang menantang. Kecuali memang Anda petualang sejati yang senang jarambah ke kawasan-kawasan wisata yang aduhai. Curug ini kini menjadi target para traveler yang hobi menjajal wisata yang lain daripada yang lain.

Apalagi lokasi wisata ini terletak di kawasan Geopark Ciletuh, selatan Kabupaten Sukabumi yang sedang trending. Kawasan Geopark Ciletuh sendiri sedang digenjot oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai salah satu andalan wisata dunia di Sukabumi.

Kawasan Geopark Ciletuh memang menyajikan pemandangan alam luar biasa. Di sini, paduan laut, air terjun, hingga persawahan menyajikan panorama alam yang bisa membuat pengunjung berdecak kagum. Belum lagi tipikal kawasan Geopark Ciletuh yang bisa membawa khayalan kita pada suasana alam zaman purba.

Untuk objek wisata air terjun sendiri, di kawasan Geopark Ciletuh ada Curug Awang, Curug Tengah, Curug Puncak Manik, Curug Cikanteh, Curug Ngelai, Curug Sodong, Curug Dogdog, Curug Nyelempet, dan Curug Cimarinjung.

Paduan Keindahan Alam di Curug Cimarinjung
Nama yang terakhir yakni Curug Cimarinjung berada di kawasan pedesaan dengan paduan pemandangan pesawahan, hutan, dan aliran air terjun yang memukau. Terletak di Desa Ciwaru, Kec. Ciemas beberapa kilometer dari pesisir Pantai Palangpang, hamparan sawah membentang luas saat menuju ke Curug Cimarinjung.

Lokasi wisata air terjun ini cocok bagi traveler yang hobi menjajal wisata alam. Untuk mencapai ke Curug Cimarinjung sendiri, pengunjung berjalan kaki menyusuri jalan setapak dengan jarak kurang lebih 400 meter. Dan inilah sensasinya, pemandangan Teluk Ciletuh dan Samudera Hindia  terhampar di hadapan kita.

Sampai di lokasi Curug Cimarinjung sensasi menikmati keindahan alam langsung akan menyapa Anda. Curug dengan ketinggian kurang lebih 40 meter yang mengaliri Sungai Ciemas ini terlihat eksotis saat menjatuhkan air aliran sungai ke dasar. Tebing-tebing batuannya pun yang sangat menakjubkan plus pemandangan hijaunya hutan yang bisa menghapus rasa lelah jauhnya perjalanan Anda.  Dua bongkah batu berukuran besar  mengapit aliran air sebelum mengalir ke bawah.

Sayangnya, di lokasi ini belum ada penginapan bagi para pelancong. Namun tenang, jika Anda ingin rehat dan menginap, bisa menyewa rumah-rumah penduduk. Penduduk di area sini biasa menyewakan rumahnya untuk rombongan wisatawan. Jika Anda yang biasa camping, bisa juga mendirikan tenda di areal wisata ini.

Objek wisata di Geopark Ciletuh sendiri sekarang ini banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Wisatawan lokal sendiri biasanya berkunjung menggunakan jasa travel wisata ataupun touring menggunakan motor/mobil.