Wisata Jabar

Situ Wanayasa Akan Jadi Tempat Wisata Primadona Baru di Purwakarta





Pengembangan wisata di Purwakarta tengah gencar dilakukan. Bukan hal tidak mungkin, kota yang dekat Bandung ini akan menjadi saingan baru dalam menarik perhatian wisatawan. Para pelancong yang datang dari arah barat akan menjadikan Purwakarta sebagai tempat persinggahan. Potensi wisata di Purwakarta memang melimpah, dari wisata danau/waduk, wisata kuliner, hingga wisata pentas seni budaya.

Inilah yang sekarang sedang digenjot oleh pemerintah setempat yang dipimpin Bupati Dedi Mulyadi. Pembenahan dan tata kota terus dilakukan. Tak terkecuali lokasi-lokasi wisata potensial pun dibangkitan agar menjadi magnet baru kunjungan wisatawan.

Salah satu destinasi wisata yang kini sedang digarap adalah Situ Wanayasa. Danau yang awalnya milik PJT II Jatiluhur ini kewenangan pengelolaannya kemudian dilimpahkan ke Pemkab Purwakarta. Situ Wanayasa memang dari dulu menjadi tujuan wisata alam yang banyak menarik pengunjung. Sayangnya, pengelolaan danau ini kurang maksimal. Kini, penataan pun dilakukan. Penunjang keindahan alam di Situ Wanayasa memang menyajikan keindahan tersendiri.

Danau alam seluas ±7 ha ini berada pada ketinggian 600 m DPL dengan udara yang sejuk berlatar belakang panorama Gunung Burangrang. Di tengah danau ada pulau dimana terdapat makam RA. Suriawinata. Beliau adalah seorang pendiri Purwakarta yang juga Bupati Karawang ke-9 yang meninggal pada1827. Untuk objek wisata penunjang di sini pun terbilang lengkap. Di sini ada sumber air panas Ciracas (±8 km dari Situ Wanayasa) dan air terjun Curug Cipurut yang berjarak kurang lebih 3 km arah selatan Wanayasa. Belum lagi di sini banyak penjual sate maranggi yang sudah dikenal sebagai salah satu andalan wisata kuliner khas Purwakarta.

Pengembangan area wisata Situ Wanayasa rencananya akan dimulai pada Mei 2016. Sekarang sedang menunggu hasil lelang tender. Di sini nantinya akan dibangun air mancur yang tidak kalah menarik dengan air mancur di Taman Sri Baduga. Selain pembangunan air mancur, juga tengah dipersiapakan segi fasilitas untuk wisatawan di Situ Wanayasa.

Nantinya di area Situ Wanayasa akan ada hotel berbentuk resort. Di belakangnya pun akan dibangun tempat wisata unik yakni adanya taman dengan konsep senyap. Ya, pengunjung tidak boleh membawa perangkat digital saat masuk ke taman ini. Taman ini diharapkan bisa menjadi tempat untuk menyepi dan kontemplasi dengan konsep kembali ke alam.

Rute Menuju Situ Wanayasa
Bila menggunakan kendaraan pribadi dari arah Jakarta dengan menggunakan jalur tol Jakarta-Cikampek. Lanjut ke arah Bandung melalui tol Purbaleunyi kemudian keluar di pintu tol Jatiluhur berbelok ke kiri ke arah kota Purwakarta. Lalu ikuti arah jalan menuju Wanayasa atau Pasar Rebo. Letak danau sebelum Terminal Wanayasa.

Sementara jika dari arah Bandung dapat ditempuh melalui jalur tol dan keluar tol Jatiluhur seperti di atas. Alternatif lainnya bisa melalui dari jalur Lembang ke arah Subang, melewati Gunung Tangkuban Parahu - Sari Ater - belok ke kiri di Jalan Cagak menuju Wanayasa, letak situ setelah melewati Terminal Wanayasa.