Wisata Jabar

Curug Parigi, Calon Ikon Destinasi Wisata Bekasi





Potensi wisata alam khususnya air terjun kini memang menjadi favorit baru para wisatawan. Namun, letak air terjun di berbagai daerah kerap menjadi sandungan tersendiri bagi pengembangan potensi wisata tersebut. Apalagi jika perhatian dari pemerintah dianggap kurang. Akan tetapi, para pelancong yang senang mengabadikan wisata keindahan aliran air terjun seakan tak peduli akan masalah yang ada. Yang penting bagi mereka adalah bisa menikmati anugerah keindahan alam yang disajikan Tuhan.

Tercatat, seiring dengan melejitnya media sosial, banyak air terjun (curug = Sunda) di beberapa wilayah di Jawa Barat yang kini menjadi tujuan wisata. Di Kabupaten Bandung Barat, nama Curug Pelangi mampu dipoles oleh pihak Perhutani sehingga menjadi destinasi wisata unggulan di wilayah tersebut. Lalu, di Garut ada juga yang lagi trending yakni Curug Sanghyang Taraje. Masih di Kabupaten Bandung Barat pun ada Curug Malela yang dikenal dengan julukan "Niagara Mini dari Bandung". Nah, kini Curug Malela sepertinya akan mendapat saingan baru yakni Curug Parigi.

Pesona Curug Parigi
Curug Parigi semakin trending di media sosial, terutama Instagram. Curug yang berada di Bantargebang Bekasi ini mempunyai tampilan seperti Curug Malela, namun mempunyai sejarah seperti Curug Batu Templek di daerah Pasir Impun, Bandung Timur. Curug Parigi menyajikan aliran air terjun yang luas bak Niagara mini seperti Curug Malela. Namun, air terjun ini terbentuk atas campur tangan manusia yakni dengan adanya galian pasir. Ini sama halnya dengan Curug Batu Templek di Bandung timur yang terbentuk karena aktivitas galian batu oleh penduduk setempat.

Walau masih ada anggapan mistis terhadap air terjun ini, Curug Parigi diprediksi bisa menjadi ikon wisata baru di Bekasi. Curug ini terletak di Desa Cikiwul, Kecamatan Bantargebang. Curug Parigi berada di aliran Kali Bekasi. Pada era 1980-an, Curug Parigi biasa menjadi destinasi murah meriah, terutama saat libur Lebaran. Bahkan, Curug Parigi kerap dijadikan lokasi syuting FTV, Sinetron, Reality Show, hingga film layar lebar. Salah satu film layar tahun 80-an yang bersetting Curug Parigi adalah film "Dia Sang Penakluk" (pemeran Suzanna).

Rute Menuju Curug Parigi, Bantargebang, Bekasi
Nama Curug Parigi di kalangan warga Bekasi memang sudah dikenal lama. Letaknya tidak jauh dari TPU Bantargebang dan kadang disebut juga Air Terjun Bantargebang.  Untuk ke daerah sini melalui rute Jalan Narogong Km 12, 5 dan melakukan awal perjalanan dari Pangkalan 5 (bekas pangkalan truk pasir). Tepatnya, dari arah Bekasi jika ke TPU belok ke kiri, nah ke  Curug Parigi belok ke kanan. Patokan, PT Hakapole.

Dari sana bisa dilanjutkan dengan naik motor, jalan kaki, atau bersepeda menuju Curug Parigi. Memang pengelolaannya belum digarap maksimal.  Namun para pegiat media sosial kini rajin memposting air terjun ini. Tak heran jika curug ini pun kemudian menjadi salah satu perbincangan di media sosial.

Pembenahan Objek Wisata Curug Parigi
Nama Curug Parigi yang kian terangkat rupanya termonitor oleh pihak pemerintah setempat. Dalam agenda 2016 sekarang objek wisata di Bekasi ini akan dibenahi. Pembenahan dilakukan dari penataan lokasi wisata hingga pengurusan jalan yang masih menjadi polemik dengan pihak swasta. Diharapkan, tempat wisata ini pun bisa memberikan efek tumbuhnya perekonomian masyarakat setempat.

Dalam perencanaan penataan kawasan Curug Parigi, pihak pemerintah Bekasi rencananya akan mengadopsi taman wisata Cikapundung di Kota Bandung, Jawa Barat. Akses jalan utama ke lokasi Curug Parigi yang melintasi jalan lingkungan, rencananya akan diperlebar oleh Pemerintah Kota Bekasi. Jadi, kita tunggu saja gebrakan selanjutnya dari pihak pemerintah setempat sehingga tempat wisata ini benar-benar bisa menjadi magnet baru bagi potensi wisata Bekasi.