Wisata Jabar

Sungai Cireong, Potensi Wisata Tersembunyi Ciamis yang Menunggu Sentuhan




Tersembunyi dalam rimbunan flora yang hijau dan dijaga oleh batu-batu yang berserakan, Sungai Cireong yang berair jernih menyajikan pemandangan alam nan indah yang masih belum banyak terjamah. Sungai Cireong ini terkoneksi dengan Sungai Citanduy. Sungai Cireong yang diapit batu raksasa menambah pesona alam sekitar, keberadaannya tidak banyak dijamah manusia di Dusun Cireong, Desa Sukaresik, Kec, Sindangkasih, Ciamis. Aliran sungai dari Gunung Syawal mengalir ke Sungai Cireong.

Menurut warga setempat Titi (63), Sungai Cireong yang tidak banyak orang tahu itu, airnya mengalir ke mandalika Cikoneng Ciamis dan menyambung ke Sungai Citanduy. Ditambahkannya, disepanjang sungai tersebut terdapat batu raksasa yang menjadikan daya tarik tersendiri disamping pesona alamnya yang masih perawan.

Setelah selama ini pesonanya tertap tersembunyi, Cireong pelan-pelan membuka diri karena mulai banyak berdatangan wisatawan yang hendak menikmati segarnya aliran air yang meliuk-liuk di antara bebatuan sungai. Entah siapa yang menemukan potensi wisata di sungai ini, namun yang pasti peluang ini tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh pemerintah setempat. Oleh karena itu, saat ini Pemerintah Desa (Pemdes) sedang berusaha merancang sungai ini menjadi sebuah objek wisata yang berbasis masyarakat lokal.    

Pihak desa pun tak habis pikir dengan mulai berdatangannya wisatawan ke daerahnya. Ia tidak mengetahui dari mana para wisatawan mengetahui potensi besar yang dimiliki Cireong. Namun yang pasti, pihaknya akan menangkap hal itu sebagai peluang besar yang menguntungkan dan akan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Menurutnya, pemerintah desa akan mengembangkan objek wisata lokal yang meliputi beberapa jenis aktivitas wisata. Antara lain, wisatawan bisa menikmati kesegaran dengan mandi di Sungai Cireong yang jernih, berkemah, menikmati sajian nasi liwet, menjajal  kemampuan berkendara dengan melakukan offroad, dan berwisata ke Gunung Padang.

Paket wisata itu, nantinya akan dikelola oleh masyarakat. Dengan begitu, masyarakat akan menerima manfaat ekonomis dari menggeliatnya aktivitas wisata di wilayah ini. Sehingga pada gilirannya, pendapatan desa pun meningkat.

Pemerintahsaat ini akan segera menerbitkan peraturan desa (perdes) untuk memberikan panduan dalam pengembangan potensi pariwisata di Sungai Cireong.

Bisa dikatakan, Sungai Cireong adalah aset yang harus ditata dan dikelola dengan baik dan terencana, sehingga nantinya menjadi objek wisata baru yang menjadi favorit wisatawan. Sudah banyak cerita sukses mengenai objek-objek wisata yang tadinya tersembunyi. Contohnya adalah Sungai Citumang di Kab. Pangandaran yang kini menjadi tujuan favorit wisatawan untuk wisata body rafting.