Wisata Jabar

Pantai Jayanti, Magnet Wisata Baru di Cidaun, Cianjur Selatan




Banyaknya koleksi wisata pantai membuat kita  terkadang kebingungan  karena terlalu banyak pilihan atau barieukeun,  sehingga  terkadang  banyak pantai yang  menyimpan potensi-potensi wisata terabaikan begitu saja. Salah satu pantai yang selama  ini belum terlalu tergali potensinya karena kalah "bersaing"  dengan pantai  lain adalah Pantai Jayanti di Kabupaten Cianjur.

Mungkin belum begitu banyak yang mengenal pantai ini karena untuk Provinsi Jawa Barat, pantai yang paling favorit untuk  dikunjungi adalah  Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran, atau Pantai Palabuhanratu dan Ujunggenteng di Sukabumi. Namun soal keindahan, Pantai Jayanti rasanya tidak kalah dari para "seniornya" itu.

Terletak di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun,  Kabupaten  Cianjur, Pantai Jayanti menawarkan keindahan yang masih alami karena belum begitu  banyak tersentuh polesan industri pariwisata. Namun, di balik kesederhanaan  dan kebersahajaannya, Pantai  Jayanti  yang terletak sekitar 139 kilometer dari pusat Kota Cianjur ini  menawarkan pesonanya berupa pantai berpasir yang cukup panjang dengan deburan ombak dan  pohon nyiur yang melambai-lambai.

Karena belum begitu dikenal  wisatawan,  bila Anda datang  pada  hari biasa, pantai  ini terasa sepi. Cocok sekali bagi Anda  ingin  menikmati suasana  pantai  yang damai dan sudah  jenuh  dengan  pemandangan pantai yang hiruk pikuk dengan bisingnya pedagang asongan,  turis dari berbagai kalangan, tukang tato temporer, tukang pijat,  dan  sebagainya.

Di bagian lain Pantai Jayanti, Anda juga dapat menemukan  dermaga tempat  para  nelayan berlabuh dan "memarkirkan"  perahunya  saat tidak melaut. Bosan menikmati keindahan pantai dari daratan, Anda pun bisa  berlayar  dengan menyewa  perahu-perahu  nelayan  ini, dengan  harga yang disepakati bersama, untuk menikmati  sensasi lain menikmati keindahan Pantai Jayanti.

Karena  belum begitu banyak wisatawan yang datang,  kecuali  pada hari-hari  libur  atau Hari Raya Idulfitri, belum  begitu  banyak investor  yang mencoba peruntungan dengan menanamkan modalnya  di pantai  ini. Belum  ada hotel-hotel berbintang yang megah  dan besar. Meski demikian, di sekitar pantai  ini  sudah terdapat penginapan-penginapan  dan rumah-rumah penduduk yang bisa  disewa bagi  Anda yang ingin lebih lama menikmati setiap sudut  Jayanti. Tarifnya  pun cukup ramah di kantong, berkisar antara Rp  200.000 hingga Rp 500.000.

Rute ke Pantai Jayanti
Letak Pantai Jayanti  berdekatan dengan dua pantai lain di  Jawa Barat yang sudah lumayan punya nama, yaitu Pantai Rancabuaya dan Pantai Santolo. Oleh karena itu, Anda yang memiliki banyak waktu, bisa sekalian menambahkan Pantai Rancabuaya dan Pantai Santolo ke dalam  daftar kunjungan. Atau sebaliknya, bagi Anda yang hendak menuju ke Pantai Santolo atau Pantai Rancabuaya sebagai  tujuan utama, bisa sekalian mengunjungi Pantai Jayanti. Siapa tahu  Anda jatuh cinta pada pantai di Cidaun ini, dan bisa kembali di  lain waktu bersama teman-teman.

Pantai  Jayanti dapat ditempuh dengan tiga rute umum yang  selama ini  digunakan  para wisatawan. Anda yang berasal  dari  Jakarta, Bogor, atau Bekasi bisa menempuh jalur Cianjur-Cibeber-Sukanagara-Tanggeng-Sindangbarang-Cidaun-Pelabuhan  Jayanti. Bila Anda seorang  backpacker yang mengandalkan alat  transportasi  umum, Pantai  Jayanti  bisa digapai dengan naik minibus rute Terminal Pasirhayam-Terminal Cidaun. Setelah itu, 4 kilometer sisa  perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan jasa tukang ojek.

Yang kedua adalah melalui jalur Garut-Pamengpeuk-Santolo-Rancabuaya-Cidaun-Pantai  Jayanti. Anda yang merupakan  orang  Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan Kuningan, tentunya cocok melewati jalur ini.

Lalu, urang Bandung bisa mencapai Jayanti dengan menikmati  jalur yang  indah dan menakjubkan melalui Ciwidey-Rancabali-Naringgul-Cidaun-Pantai  Jayanti.  Dari Terminal Ciwidey, Anda  yang tidak membawa kendaraan pribadi, bisa naik angkutan umum rute  Ciwidey-Cidaun. Nah, selamat menikmati kedamaian Pantai Jayanti!