Wisata Jabar

Tuntutan Baru untuk Kang Emil, Carikan Saya Jodoh!





Ada-ada saja ulah dan tuntutan warga Kota Bandung pada wali kotanya, Ridwan Kamil. Bila sebelumnya ada warga yang mengatasnamakan Koalisi Masyarakat Kurang Piknik mengeluarkan petisi untuk meminta dibuatkan pantai buatan, maka kini muncul tuntutan baru yang tak kalah menggelitik kepada wali kota yang akrab disapa Emil ini, yaitu minta dicarikan jodoh!

Sama seperti sebelumnya, tuntutan terbaru ini menggunakan dunia maya sebagai medianya. Yaitu melalui akun Instagram @manjasad, yang memuat foto dua orang pria membawa spanduk bertuliskan "Kami Menuntut Wali Kota Bandung Agar Segera Memberikan Jodoh Yang Layak Bagi Kami (Forum Masyarakat Kurang Kasih Sayang)". Tidak hanya di akun Instagramnya, personil band cadas Jasad dan Karinding Attack tersebut juga mengirimkan foto tersebut ke akun Kang Emil, lengkap dengan permintaan jodohnya.

Bentuk Kreativitas Urang Bandung
Lalu, bagaimana tanggapan Kang Emil atas tuntutan baru dari warganya ini? Wali Kota menganggap tuntutan dari Forum Masyarakat Kurang Kasih Sayang ini sebagai bentuk kreativitas warga Bandung yang tidak pernah kehabisan ide. Karena dirinya aktif di media sosial, imbuh Emil, maka warga Bandung memiliki ruang untuk menyampaikan ide-idenya kepada wali kotanya secara langsung tanpa harus melewati protokoler yang berbelit-belit.

Oleh karena itu, Emil menanggapi ringan tuntutan pemilik akun @manjasad ini sebagai dinamika sosial warga Bandung yang disebutnya hanya "heureuy" ini. Menurut Emil, dalam menyampaikan ide-ide melalui media sosial, warga Bandung terbagi dalam dua jenis, yaitu yang serius dan hanya sekadar bercanda. Dari jumlahnya, persentase warga yang menyampaikan ide serius lebih banyak, yaitu sekitar 90 persen, sedangkan sisanya hanya bercanda.

Meski menganggap tuntutan terbaru ini hanya sebagai "heureuy", namun Emil menyatakan akan tetap menanggapinya. Dan, tanggapannya hanya sekadar bentuk silaturahmi untuk menjalin komunikasi dengan warga, bukan kepada substansinya memberikan jodoh. Ia pun menyarankan sang pemilik akun @manjasad mencari jodoh sendiri karena Kota Bandung memiliki banyak mojang yang cantik untuk dijadikan jodoh.