Wisata Jabar

Snorkeling, Mengintip Keindahan Bawah Air di Pantai Pangandaran




Sebagai salah satu objek wisata andalan di Jawa Barat, Pangandaran memang selalu menyimpan daya tariknya yang memesona.Tak heran bila para wisatawan dari dalam dan luar negeri, selalu datang berbondong-bondong untuk mendatang pantai di selatan Pulau Jawa ini. Meski wisatawan asing ke sini tak seramai ke Bali, namun potensinya untuk berkembang sejajar dengan objek-objek wisata di Pulau Dewata sangat besar.

Terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms.

Objek Wisata Pantai Pasir Putih
Tempat-tempat favorit wisatawan di Pangandaran antara lain Pantai Pasir Putih dan Batu Hiu. Khusus di Pantai Pasir Putih, para wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan wisata seperti berenang, berperahu pesiar, memancing, keliling dengan sepeda, parasailing, jetski, dan lain-lain. Atau, bila datang ke Pangandaran, Anda juga bisa mencoba melakukan snorkeling. Menikmati panorama pantai memang tidak akan lengkap bila tidak meluangkan waktu untuk menyaksikan kehidupan di bawah airnya.

Karena itu, snorkeling bisa menjadi pilihan. Apalagi persyaratan melakukan snorkeling tidak ribet --tidak seperti diving yang mempersyaratkan pelakunya untuk memiliki lisensi lebih dulu. Snorkling bisa dilakukan siapa pun. Bahkan Anda yang tidak bisa berenang pun bisa, asal menggunakan pelampung selama melakukan kegiatan ini.

Dengan memperhatikan secara saksama penjelasan dari pemandu, para pemula bisa menguasai cara melakukan snorkeling dalam waktu singkat. Meski demikian, bukan berarti setelah menguasai cara snorkeling, Anda bebas melakukannya seorang diri. Seperti scuba diving, kegiatan ini harus dilakukan secara berkelompok dengan teman-teman. Sehingga, akan mudah bagi Anda meminta bantuan bila ada masalah. Selain itu, cek terlabih dahulu peralatan snorkeling yang akan Anda gunakan --masker, snorkel, kaki katak, dan pelampung-- pasanglah dengan benar sesuai petunjuk pemandu, sehingga kegiatan snorkeling Anda menjadi pengalaman yang nyaman dan berkesan.

Snorkeling memang sangat mengasyikkan bagi para penggemar wisata lautan untuk melihat kecantikan di bawah air. Kita bisa melihat ikan berbagai jenis dan warna "menari-nari" silih berganti di antara terumbu karang dan bebatuan. Pesona kehidupan bawah air ini bisa membuat kita terbuai dan waktu seolah berlari dengan cepat selagi kita betah bercengkerama dengan berbagai biota laut, ditengah ayunan-ayunan lembut gelombang lautan.

Tarif Snorkeling di Pasir Putih, Pangandaran
Sangat mudah untuk snorkeling di Pasir Putih, di pantai timur dan pantai barat Pangandaran karena banyak operator penyedia jasa wisata pantai dan watersport di area ini. Mereka pun biasanya memiliki paket-paket untuk para wisatawan melakukan snorkeling, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari spot yang cocok untuk mengintip kehidupan di dalam air.

Setelah membayar biaya paket yang dipilih, Anda akan dibawa ke tempat-tempat yang bagus untuk melakukan snorkeling. Salah satu operator yang menawarkan wisata snorkeling di Pangandaran adalah Planet Pangandaran. Tarif yang ditawarkan berkisar antara Rp 130.000-Rp 180.000 per orang.

Rute ke Pangandaran
Untuk mencapai Pangandaran, Anda yang berasal dari Bandung atau Jakarta dan mengendarai mobil pribadi, bisa memulai perjalanan dengan masuk Tol Padaleunyi dan keluar di gerbang Tol Cileunyi. Kemudian arahkan kendaraan Anda ke arah Nagreg, kemudian ke Tasikmalaya, Banjar, hingga sampailah di Pangandaran.

Sementara bila naik angkutan umum, Anda yang berasal dari Bandung bisa naik bus AC atau non-AC dari Terminal Cicaheum jurusan Bandung-Pangandaran. Sementara bagi Anda yang berasal dari Jakarta, bisa naik bus jurusan Jakarta-Pangandaran dari Terminal Kampung Rambutan.