Wisata Jabar

Pesona Keindahan Pantai Karang Tawulan, Kalapa Genep, Tasikmalaya




Meski letaknya lumayan jauh dari kota Tasikmalaya (90 km), namun siapapun yang datang ke tempat wisata pantai ini akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan. Salah satu objek wisata pantai selatan ini menyajikan panorama keindahan alam luar biasa. Di kawasan ini, pengunjung bisa menyusuri jalan yang berbatasan dengan pantai.

Sepanjang perjalanan, Anda akan melihat deburan ombak yang sungguh memesona. Pantai Karang Tawulan, berlokasi di Kalapagenep, Kec. Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. Bagi yang suka travelling, objek wisata  ini bisa dicatat dalam agenda wisata.

Pantai ini mempunyai daya tarik dan pesona yang sulit untuk dilupakan. Batu karang yang berada di tengah laut makin menciptakan pantai ini dikagumi oleh orang para pelancong. Di objek wisata pantai ini terdapat pulau kecil yang disebut Nusa Manuk. Pada waktu-waktu tertentu, Nusa Manuk dihuni oleh berbagai macam jenis burung.

Suasana pantai Karang Tawulan yang masih sangat alami dan sepi seakan seperti bukan umumnya kawasan tempat pariwisata, menyambut wisatawan begitu sampai di kawasan Pantai Karang Tawulan.

Pantai ini dikenal dengan hembusan anginnya yang cukup kencang. Anda bisa bercengkrama dengan ombak air laut sambil berjalan-jalan di pasir pantai. Kalau perut sudah mulai keroncongan, bisa mencoba kuliner aneka olahan ikan yang ada di warung-warung makan.

Menjelang pagi, pengunjung dapat menyaksikan air laut yang surut hingga meninggalkan batu karang yang cukup luas. Saat berjalan menikmati udara pagi di bebatuan tersebut, kita juga dapat menyaksikan sejumlah hewan laut kecil aneka warna di antara celah karang.

Pesona keindahan pantai ini memang belum digarap secara maksimal. Dalam hal ini termasuk penataan fasilitas di sekitar lokasi hingga kurangnya promosi dari pemerintah setempat. Tak heran jika tempat ini kadang menjadi perlintasan para wisatawan yang akan melanjutkan ke objek wisata Pantai Pangandaran.

Namun, seiring perkembangan teknologi komunikasi, tempat ini kini mulai mencuat. Foto-foto yang diunggah ke akun Instagram atau Twitter memberikan gambaran akan keindahan pantai ini. Untuk melihat foto-foto ini, Anda bisa melihatnya pada link kumpulam foto Pantai Karang Tawulan di bawah tulisan ini.

Rute Menuju Pantai Karang Tawulan
1. Objek wisata Pantai Karang Tawulan, berlokasi di Kalapa Genep. Tidak hanya Pantai Karang Tawulan, wisatawan yang menggunakan rute Tasikmalaya-Singaparna-Cipatujah, sebelumnya akan melewati objek wisata Pantai Sindangkerta, Cipatujah, Pamayangsari, dan akhirnya berujung di objek wisata Karang Tawulan. Jarak antara objek wisata Sindangbarang ke Pamayangsari hanya 7 KM. Sedangkan, untuk menuju Karang Tawulan jaraknya 13 kilometer.

2. Kalau dari Pantai Batukaras, Pangandaran, ambil kiri ke jalur alternatif menuju Tasikmalaya.